Home >> Agama >> Menanam Kefahaman di Ponpes Al-Muflihun Malang
Menanam Kefahaman di Ponpes Al-Muflihun Malang

Menanam Kefahaman di Ponpes Al-Muflihun Malang

Sekolah sambil mondok, kenapa nggak? Di zaman sekarang ini tidak hanya ilmu dunia yang dibutuhkan namun ilmu akhirat juga sangat diperlukan demi menjaga pergaulan di luar sana. Terutama bagi anak-anak remaja yang pada umumnya selalu ingin mencoba hal-hal baru, jika salah melangkah satu langkah saja bisa-bisa mereka terjerumus ke lubang yang salah. Jadi, ilmu akhirat juga sangat penting bagi remaja-remaja di zaman sekarang.

Nah, di Malang ada nih pondok mini yang memperbolehkan santrinya untuk tetap sekolah di sekitar area pondok. Pondok Pesantren Al-Muflihun merupakan salah satu pondok di Malang yang memperbolehkan santrinya untuk sekolah di sekitar area pondok. Ponpes yang sejuk, asri, dan masih berada di tengah persawahan ini lokasinya memang dikelilingi oleh banyak sekolah, mulai dari tingkat SD, SMP,SMA/SMK, bahkan sampai Universitas juga banyak tersebar di daerah sekitar ponpes ini. Jadi, tidak salahnya jika kita sekolah di sekolah negeri tapi tetap tidak lupa untuk mencari ilmu akhirat dengan cara mondok di pondok pesantren, sehingga ilmu dunia dapat ilmu akhirat juga dapat.

Ponpes Al-Muflihun yang berlokasi di Jalan Sudimoro, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang (Malang Utara), Jawa Timur ini memang memiliki kapasitas santri yang tidak terlalu banyak, namun pospes ini tetap didatangi oleh beberapa anak dari Malang sendiri, luar Malang, bahkan ada juga yang datang dari Luar Jawa. Beberapa santri ada yang hanya mondok saja, ada juga yang mondok sambil sekolah ada yang masih SMP ada juga yang sudah SMA.

Ponpes ini berdiri sekitar tahun 1997, yang dulunya hanya berdiri di tanah seluas 500 meter, kini telah berubah total menjadi masjid yang mewah, dengan 1 menara. Selain itu ponpes ini juga memiliki beberapa aula, serta wisma tamu yang baru saja selesai dibangun, ada juga area parkir yang cukup luas yang sengaja digunakan untuk parkir ketika ada acara pengajian atau mungkin disiapkan untuk tamu-tamu yang datang dengan mengendarai beberapa bus besar.

Cara pengajaran di ponpes ini dibagi-bagi menjadi beberapa kelas ada kelas lambatan, cepatan, kemudian ada kelas saringan, tujuan dibagi-bagi menjadi beberapa kelas seperti ini karena memang disesuaikan dengan kemampuan tiap-tiap santri. Materi yang diajarkan mulai dari Al-Quran, Qiroatush Sabah, Tafsir Al-Quran, serta hadist-hadist himpunan. Selain itu ada beberapa materi tambahan seperti belajar pegon, memandikan jenazah, hafalan surat-surat Al-Quran, hafalan doa-doa harian, hafalan dalil-dalil, adzan, khutbah, dan masih banyak lagi materi- materi lain yang akan diajarkan.

Selain mengaji di Pondok Pesantren Al-Muflihun juga diajarkan bagaimana membangun remaja yang sabar, mandiri serta rukun, kompak, dan bisa kerjasama yang baik. Mulai dari mandi mereka harus bersabar untuk antri, nyuci baju juga antri, bahkan makan juga harus antri. Mereka juga dididik untuk mengatur keuangan sendiri sehingga dengan sendirinya mereka akan menjadi remaja-remaja yang bisa menghemat uang mereka. Kemudian di ponpes ini juga selalu ada jatah untuk bersih-bersih pondok sehingga santri-santri di ponpes ini bisa saling bekerjasama dengan teman-teman mereka dan dari kerjasama itulah kerukunan dan kekompakan akan terbangun dengan sendirinya.

Ponpes ini juga memiliki acara tahunan setiap bulan ramadhan datang yaitu asrama bulan ramadhan dengan materi tafsir Al-Qur`an. Ketika kebanyakan dari anak-anak remaja saat liburan sekolah adalah berwisata baik dengan teman ataupun keluarga namun masih ada remaja-remaja yang meninggalkan kesenangan dunia demi mengikuti asrama bulan ramadhan di Ponpes Al-Muflihun. Ustadz di ponpes ini mengadakan asrama memiliki tujuan untuk mengenalkan dunia pondok kepada anak-anak remaja, agar mereka punya keinginan untuk mondok, sehingga kefaham tentang agamanya juga bisa meningkat. Apa salahnya menghabiskan waktu liburan sekolah di bulan ramadhan untuk mengikuti asrama. Toh, di bulan ramadhan Allah juga memerintahkan kita untuk fastabiqul khoirot (berlomba-lomba dalam kebaikan). Jadi, anak-anak remaja yang mau mondok atau ikut asrama yang berniat mendapatkan kefahaman agama dia lah remaja-remaja yang tidak akan menyesal di masa mendatang dan remaja-remaja yang akan sukses dunia dan akhiratnya.

Nah, itu sedikit tentang ponpes al-muflihun malang. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya ya 😀

Leave a Reply