Home >> Celoteh >> Macam – Macam Cinta

Macam – Macam Cinta

Cinta menurut istilah adalah Rasa kasih sayang yang muncul dari lubuk hati yang paling dalam untuk rela berkorban, tanpa mengharap imbalan apapun, dari siapa pun. Kecuali imbalan yang datang dan di Ridhoi Allah. Menurut hadist, cenderung lebih mengingat dan menyebut seseorang yang dicintainya, dan orang juga bisa diperbudak oleh cintanya. Adapun cinta ada beberapa macam.
– Mahabbatullah ( Cinta kepada Allah )
Cinta yang seperti ini belum cukup untuk menyelamatkannya dari api neraka dan memasukannya kedalam surga. Karena orang – orang musyrik pun bisa mencintai Allah.
– Cinta lain Bersama Allah
Cinta ini adalh cinta Syirik kepada Allah. Dia mencntai Allah tapi disertai dengan yang lain. Bahkan dia lebih mencitai yang lain melebihi cintanya kepada Allah. Padahal yang layak di sembah hanyalah Allah semata.
– Mencintai apa yang di Cintai Allah
Cinta yang seperti inilah yang memasukan seseorang kedalam ISLAM dan mengeluarkannya dari KEKAFIRAN, dan orang yang paling di cintai oleh Allah adalah orang yang kuat dengan cinta ini.
– Cinta Karena Allah dan Untuk Allah
Cinta ini wajib, seperti mencintai kekasih – kekasihnya Allah dan Musuh – musuhnya Allah. Cinta ini adalah penyempurna dan konsekuensi cinta Allah. Cinta kepada makhluknya Allah pun harus diniati dengan karena Allah. Karena agar lebih baik mencintai seseorang dengan disertai Allah.
– Cinta Biasa
Cinta ini adalah cinta manusia terhadap apa apa yang di sukainya dan merupakan tabiatnya, seperti cinta kepada orang tuanya, istrinya, anak anaknya. Cinta ini tidak tercela kecuali apabila dia melalaikan dan melupakan Allah karena mencintainya melebihi cintai pada Allah.

semoga Bermanfaat.

Leave a Reply