Home >> Tekno >> Tips Menjadi Pengguna Smartphone yang Cerdas
Tips Menjadi Pengguna Smartphone yang Cerdas

Tips Menjadi Pengguna Smartphone yang Cerdas

Sudah tidak diragukan lagi, sekarang smartphone bagaikan barang yang penting dan wajib dimiliki manusia. Dari anak kecil yang seharusnya bermain di luar dengan teman-temannya, remaja, bahkan orang tua sudah memiliki smartphone sendiri. Barang yang awalnya merupakan barang mewah yang hanya orang-orang tertentu saja yang punya sekarang seperti barang yang harus dimiliki oleh segala kalangan. Fitur-fitur dan aplikasi yang dimiliki smartphone tersebut membius masyarakat untuk segera membelinya, apalagi dengan harga yang lumayan terjangkau siapa yang tidak tertarik ? Tapi apakah kalian tau apa tujuan sebenarnya kalian membeli smartphone canggih ? Apakah kalian bisa memanfaatkan dan menggunakan smartphone itu dengan pintar ?
Smartphone berguna untuk memperlancar kerja manusia. Untuk membantu manusia mengurus urusannya dengan singkat dan cepat. Dan sekarang muncul aplikasi-aplikasi baru yang dibuat untuk berbagai macam kegunaan. Sampai-sampai banyak masyarakat yang menyalahgunakan aplikasi tersebut dan melakukan tindak kriminal. Karena itu, kita sebagai pengguna smartphone harus berhati-hati dan cerdas dalam menggunakan smartphone.
Banyak pengguna smartphone, terutama para remaja, yang tidak mengerti bagaimana memanfaatkan aplikasi-aplikasi itu dengan baik. Padahal jika bisa memanfaatkannya kita bisa mendapatkan keuntungan yang melimpah. Seperti facebook dan instagram, jika seorang pedagang, kita bisa berjualan dan mempromosikan barang dagangan kita agar pembeli tidak hanya dari sekitar rumah saja, tapi bisa sampai seluruh Indonesia. Sayangnya, tidak banyak orang yang bisa memanfaatkannya.
Tidak sedikit sekarang ini yang tidak bisa menggunakan smartphone mereka dengan smart. Banyak dari remaja yang menggunakan smartphone tanpa tujuan yang jelas. Yang paling banyak digunakan di smartphone adalah chatting. Mereka lebih suka berkomunikasi di dunia maya daripada bertatapan langsung. Inilah yang menyebabkan kemampuan bersosialnya berkurang. Ketika di suatu pertemuan atau perkumpulan ada saja yang terus berkutat dengan smartphonenya entah apa yang dibicarakan dengan teman ‘dunia mayanya’ itu sehingga membuatnya lupa dengan keadaan sekitar. Yang seharusnya pertemuan itu ditujukan untuk saling berbagi cerita atau sekedar temu kangen menjadi sunyi karena masing-masing sudah sibuk dengan smartphonenya sendiri.
Tidak hanya itu, ketagihannya seseorang karena smartphone juga bisa melupakan kita pada waktu. Tidak jarang yang lupa sholat karena sedang asik chattingan, tidak mau disuruh ibunya karena sedang nge-game, bahkan tidak bisa bangun pagi karena begadang dengan smartphonenya. Baru-baru ini ada berita tentang kelalaian seorang ibu dalam menjaga anaknya, karena asik dengan smartphone seorang anak hampir tercebur kedalam danau. Ada juga seorang ibu yang tega menyiksa anaknya yang sedang menangis hanya karena dia yang sedang bersosial media terganggu dengan suara tangisan anaknya. Ini karena kita telah diperdaya oleh kecanggihan smartphone.
Zaman sekarang ini kita perlu pandai-pandai dalam membuka suatu berita di internet. Tidak semua artikel-artikel itu benar. Jangan sembarang membuka website. Siapa tau isinya malah menjerumuskan kita dalam kemaksiatan. Orang-orang bisa dengan gampang memasukkan cerita, foto, atau video porno ke dalam suatu artikel dan mengganti judulnya. Jangan sampai kita malah membuka sesuatu yang dilarang. Kita harus teliti sebelum meng-klik.
Memang smartphone itu tidak dilarang, hanya jika kalian menggunakannya secara berlebihan kalian bisa merugikan diri kalian sendiri. Kita sebagai pengguna smartphone juga harus smart dalam menggunakannya. Jangan sampai kita diperbudak oleh kecanggihan smartphone. Jadilah pengguna smartphone yang smart seperti handphonenya. Terima kasih dan semoga bermanfaat

Leave a Reply