Home >> Celoteh >> Kasih Sayang Seorang Ibu Sepanjang Masa

Kasih Sayang Seorang Ibu Sepanjang Masa

Sesorang yang paling berjasa besar dalam hidup kita adalah seorang ibu. Pengorbanan yang ia lewati dan jalani dalam menjaga buah hatinya tercinta tak akan pernah bisa terbayangkan dan tak akan pernah terbandingi oleh besarnya materi, artikel ini akan membahas kasih sayang seorang ibu sepanjang masa kepada anaknya.

Pengorbanan seorang ibu yang dia rela menahan sakit untuk anaknya,bahkan jika ia mempunyai dua pilihan antara hidup dan mati, ia akan memilih mati untuk melindungi anaknya. Besarnya Pengorbanan seorang Ibu yang telah berjuang mengandung janin di dalam rahimnya selama selama 9 bln, ia selalu membawa kita kemanapun ia akan pergi di dalam kandungannya , bertindak secara berhati-hati agar anak yang dikandungannya tetap aman. Ia berusaha dengan sepenuh kasih sayangnya menjaganya agar buah hatinya lahir dengan selamat. Dan ketika waktu yang ibu tunggu telah tiba, ia rela merasakan dan menahan sakitnya saat berjuang melahirkan kita. Ibu rela mempertaruhkan nyawanya dengan harapan buah hatinya bisa lahir di dunia ini.
Pernahkah kalian bayangkan betapa berat ibu mengasuh kita?Menjaga kita diwaktu masih kecil, menyuapi kita makan, ,memberi asupan gizi yang cukup agar anaknya sehat. memberikan Asi yang cukup,menggendong kita saat menangis, bahkan ketika ia sedang terlelap tidur ia terbangun mendengar anaknya menagis , dengan matanya yang sayu ia menidurkannya supaya anaknya bisa tidur dengan lelap, dan jika ia harus mengganti popoknya setiap hari, rela membersihkan kotoran kita tanpa merasa jijik sekalipun . ia tak pernah mengeluh ketika kita rewel, ketika kita merengek meminta sesuatu. Ia merawat dan menjaga kita sampai sekarang ini tak pernah ia mengeluh, merasa capek dalam mengajari kita banyak hal, belajar berjalan, belajar berbicara, tanpa henti dan bosannya mengajari kita. Dan ketika kita sakit seorang ibu akan merasa sedih dan berusaha memberikan perawatan yang terbaik untuk kita agar bisa kembali sehat dan ceria. Senyuman anaknya adalah semangatnya untuk melalui setiap harinya
Masihkah ingat Ketika seorang ibu berkorban untuk anaknya, mencurahkan semua perhatiannya untuk kita, Apakah ia mengharapkan sebuah balasan dari kita? Tak pernah terlintas dibenak seorang ibu mengharapkan balasan dari anaknya. ia melakukan itu semua karna kasih sayangnya lebih besar melebihi dirinya sendiri. Ia memikirkan hal yang terbaik untuk kita, memikirkan semua kebutuhan kita. Mungkin kita tak pernah bisa merasakan dan menyadari bersyukurnya memiliki seorang ibu.meskipun terkadang kita melakukan kesalahan yang membuatnya marah , ia marah karena memberi sebuah pembelajaran dan nasehat untuk anaknya agar bisa mermperbaiki dirinya. Marah adalah salah satu bukti perhatian dan kasih sayangnya kepada anaknya. Tapi terkadang kita merasa tak disayangi, merasa tak berguna, berbalik marah kepada orang tuanya, itu karna kita tak menyadari pedulinya ibu terhadap hidup kita akan masa depan yang kita lewati kelak. Padahal kenyataannya ia adalah seseorang yang paling menyayangi kita.
Ketika kita mulai beranjak dewasa apakah kita lupa apa yang ibu telah lakukan selama ini? Tak pantas bagi seorang anak berkata kasar dan dengan nada yang tinggi kepada orang tuanya, apalagi sampai durhaka membentak kepada orang tuanya. Karena jika kita menyakita hati seorang ibu karena kedurhakaannya bisa saja ia melaknat keburukan yang menimbulkan malam petaka yang tak bisa dibayangkan. Semoga kita tidak tergolong anak-anak yang durhaka. dan kewajiban kita sebagai seorang anak hendaknya pantuh dan berbakti kepada kedua orang tuanya.melaksanakan apa yang diperintahkannya, Merawatnya ketika ia sedang sakit, mencukupi semua kebutuhannya ketika kita sudah bisa hidup mandiri. Terutama kepada seorang ibu, yang telah melahirkan kita.dalam sebuah khadis dijelaskan orang yang wajib kita hormati terlebih dulu adalah ibu baru ayah kita. Semua jasa yang ia lakukan tak akan pernah bisa tergantikan oleh besarnya materi di dunia ini bahkan sampai kita mati nanti. Kita belajar menyikapi hidup.belajar hidup mandiri semuanya dari orang tua kita.
Dalam ajaran islam Salah satu doa yang paling mustajab adalah doa kedua orang tua kepada anaknya.bedoa dengan tulus ikhlas kepada allah meminta kebaikan agar anaknya senantiasa diberikan kebahagiaan dan keselamatan. Kelancaran dalam segala perbuatan yang ia kerjakan. Dan ridhonya allah itu terletak pada ridho kedua orang tua kita. Jadi apa yang kita lakukan dan yang kita inginkan harus dengan restu dari kedua orang tua kita. Oleh karna itu kita harus berbakti kepada kedua orang kita , Mereka berjuang keras untuk mencukupi semua kebutuhan kita.
Apakah kalian pernah bersyukur masih memiikinya? kita harus tetap bersyukur, masih memiliki kedua orang tua yang menyayangi kita. mengasuh dari bayi hingga dewasa tanpa mengharapkan balas sekalipun. Meskipun kadang ada dimana keadaan orang tua kita berkecukupan atau kekurangan kita harus tetap bersyukur.mengerti serta Memahami keadaan orang tua dan tidak meminta sesuatu yang melebihi kemampuannya . kita juga harus membantu meringankan pekerjaan kedua orang tua kita. kita harus merawat apapun pemberian dari orang tua kita dan tidak menyia-nyiakannya karena semua kebutuhan kita hasil dari kerja kerasnya orang tua. Ada yang mengatakan “Kasih sayang yang besar seorang ibu sepanjang masa dan sepanjang usianya” kesabarannya dalam mengasuh , semua kasih saya dan perhatiaanya selama ini tak akan bisa terganti oleh apapun. Kita harus selalu mendoakan kebaikan kepada kedua orang tua kita, kebaikan didunianya dan diakheratnya. Dengan doanya anak yang sholeh bisa mengangkat derajat orang tua kita diakherat nanti.

Berbaktilah kepadanya karna kasih sayang seorang ibu sepanjang masa

Leave a Reply