Home >> Umum >> Tips Kredit Sepeda Motor dengan Bijak
ilustrasi promo kredit sepeda motor

Tips Kredit Sepeda Motor dengan Bijak

Beritalamongan.com – Sepeda motor bisa dikatakan sudah bukan lagi barang mewah. Hampir setiap rumah sekarang ini memiliki setidaknya satu unit sepeda motor. Bahkan ada sebagian rumah yang memiliki sepeda motor sesuai dengan jumlah anggota di keluarga tersebut.

Harga sepeda motor terbaru saat ini memang bervariasi tergantung tipe dan kapasitas mesin sepeda motor tersebut. Rata – rata sepeda motor terbaru saat ini menggunakan mesin 150 cc dengan banderol Rp 20 jutaan. Dengan pendapatan perbulan senilai UMR atau UMK, butuh waktu satu hingga dua tahun menabung untuk mendapatkanya. Namun dengan adanya pembelian sepeda motor dengan sistem kredit, tidak butuh waktu lama untuk membawa pulang motor kesayangan.

Beberapa leasing menawarkan kemudahan mengambil kredit sepeda motor dengan DP rendah dan cicilan murah. Bahkan banyak diiklan di setiap sudut tempat cukup mengeluarkan sekian ratus ribu rupiah sudah bisa membawa pulang sepeda motor baik baru maupun bekas. Dengan bunga perbulan yang berada di kisaran 1,5 persen, sepertinya masyarakat juga tidak terlalu terbebani dengan angsuran kredit sepeda motor setiap bulanya.

Selain itu, beberapa leasing juga menawarkan tawaran yang menggiurkan seperti fasilitas, asuransi hingga bonus hadiah bagi pelanggan yang mengambil kredit sepeda motor. Dengan adanya segala bentuk penawaran ini, tak jarang banyak orang yang memutuskan untuk membeli sepeda motor dengan kredit ketimbang membayar cash. Dengan kredit, tidak perlu menabung lama untuk memiliki motor impian selain itu pemasukan bulanan yang lainya bisa digunakan untuk pembiayaan atau pembayaran kebutuhan lainya.

Namun, bukan berarti mengambil motor dengan kredit bukan tanpa resiko. Ada beberapa leasing yang sangat jago dalam beriklan dan menawarkan segala kebaikan namun sangat berat di angsuran bulanan, ketiadaan fasilitas bahkan diperumit saat pengambilan BPKB. Oleh karena itu sebelum mengajukan kredit motor, sebaiknya perhatikan tips kredit sepeda motor dengan bijak di bawah ini :

Pilih motor impian sesuai dengan budget yang dimiliki

Tips kredit sepeda motor dengan bijak yang pertama adalah memililh motor impian sesuai dengan budget yang dimiliki. Memilih motor impian baik tipe bebek, matik maupun sport sangat penting sebelum membelinya. Dengan memilih motor impian, perasaan semangat untuk bekerja lebih giat dan mengumpulkan pundi – pundi rupiah secara tidak langsung juga akan mengiringi perasaan anda. Namun anda juga tetap harus realistic dengan kekuatan keuangan yang anda miliki. Jangan sampai memaksakan memiliki motor impian namun malah membuat beban bulanan anda di luar batas kemampuan anda. Pastikan tetap ada uang sisa meski sudah dipotong untuk pembayaran kredit bulanan motor. Jadi uang sisa tersebut bisa menjadi tabungan atau dana darurat di saat anda membutuhkanya.

Survey harga

Pertimbangkan harga dari setiap dealer dengan melakukan survey terlebih dahulu. Sebab, setiap dealer meski berada di bawah bendera perusahaan yang sama memiliki kebijakan sendiri dalam menentukan harga. Oleh karena itu, survey terlebih dahulu harga yang ditawarkan setiap dealer supaya anda bisa mendapatkan harga terbaik untuk kredit sepeda motor dengan motor.

Pilih perusahaan leasing yang terpercaya

Beberapa dealer sepeda motor ada yang bekerja sama dengan beberapa perusahaan leasing. Pilihlah perusahaan leasing yang terpercaya untuk pembiayaan kredit motor anda.

Jangan tergiur dengan hadiah yang ditawarkan

Banyak sekali promo hadiah menarik yang ditawarkan pihak dealer atau leasing untuk menggaet pelangganya. Ada yang menawarkan hadiah elektronik seperti jam, ponsel pintar dan lain sebagainya ada pula yang memberikan hadiah kecil seperti payung, mug dan beberapa hadiah kecil lainya. Sebaiknya jangan terlalu tergiur dengan hadiah tersebut apalagi hadiah tersebut diberikan dari undian. Dari pada mengharapkan hadiah undian, lebih baik memikirkan berapa persen bunga yang harus dibayarkan untuk membayar cicilan motor setiap bulanya.

Tenggang pembayaran dan denda keterlambatan

Selain mempertimbangkan besarnya bunga atau cicilan, tenggang pembayaran dan juga denda keterlambatan pembayaran cicilan juga harus anda perhatikan. Pelajari dengan bijak ketentuan yang diberikan oleh pihak leasing supaya agat nantinya anda juga tidak keteteran jika ada kondisi yang menyebabkan anda terlambat membayar cicilan motor.

Tanyakan proses pelunasan dan serah terima BPKB

Ini merupakan hal yang sangat penting anda tanyakan sebelum mengajukan kredit sepeda motor. Bagaimana proses pelunasan dan serah terima BPKB jikalau nanti pembayaran kredit telah selesai. Jangan sampai anda dipersulit untuk pengambilan BPKB. Sebab, ada pula perusahaan leasing yang seakan ogah mengeluarkan BPKB bagi kredit yang telah lunas. Untuk proses serah terima berbelit – belit dan panjang. Oleh karena itu, tanyakan ke pihak leasing terkait serah terima BPKB sebelum memutuskan mengajukan kredit sepeda motor.

Semoga tips kredit sepeda motor dengan bijak di atas berguna bagi anda. Pelajari kebijakan dari perushaan leasing sebelum anda memutuskan untuk penandatanganan resmi kredit sepeda motor. Dengan berpikir bijak, sepeda motor impian bisa dibawa pulang begitu pula keuangan tetap aman.

Leave a Reply