Home >> Agama >> Mencari Jalannya Syukur

Mencari Jalannya Syukur

Kita hidup di dunia ini pasti memiliki cobaan, baik cobaan kecil atau besar sekalipun. Bahkan tidak sedikit kasus bunuh diri karena orang tersebut memiliki cobaan yang tidak bisa ia selesaikan hingga lebih memilih untuk mengakhiri hidupnya. Padahal di setiap cobaan pasti ada solusi, minta bantuan Allah SWT dalam menyelesaikan masalah. Jelas kita tidak akan mampu jika tidak meminta bantuan Allah SWT. Analoginya seperti; jika di negara ini terjadi krisis ekenomi, banyak orang-orang yang demo ke Presiden, sama seperti kita hidup di dunia ini, jika terjadi sesuatu di hidup kita maka mengadulah ke Allah SWT.

Selain itu, jika kita memiliki masalah carilah hal positf dalam masalah tersebut, Allah memberi cobaan tidak melebihi batas kemampuan hambanya, kita pasti bisa melewati cobaan tersebut. Allah SWT jelas memiliki alasan mengapa kita menerima cobaan tersebut,jangan pernah membandingkan hidup kita dengan orang lain. Karena orang yang terlihat bahagia belum tentu yang di rasakan adalah benar-benar bahagia dan yang terlihat sulit belum tentu yang di rasakan adalah benar-benar sulit. Bersyukurlah dalam keadaan seperti apapun, brsyukur dengan ucapan dan perbuatan karena setiap hidup kita tidak lepas dari nimkat Allah SWT dan kita juga tidak akan mampu menghitung nikmat tersebut.

Disisi lain Allah SWT memberi cobaan juga memberi nikmat. Banyak sisi positif dari cobaan tersebut. Kita mendapat pelajaran kehidupan yang orang lain belum tentu mendapatkan, membuat kita lebih bisa rendah hati terhadap siapapun, maka tidak ada cara lain selain bersyukur. Banyak orang yang ingin hidup lebih lama tapi takdir sudah mengambilnya, banyak orang yang ingin fisik yang sempurna tapi takdir memberi kekurangan, banyak yang ingin menikmati memliki keluarga tapi takdir memksanya untuk terlantar tak berdaya. Hidup hanya sekali di dunia dan tidak selamanya jangan membuang-buang waktu hanya untuk mengeluh. Mencari kebahagiaan itu mudah, bahagia itu kita yang menciptakan sendiri.

Setidaknya bersyukur sudah diberi umur panajng untuk memperbaiki diri untuk derajat yang lebih tinggi di Akhirat nanti. Peka lah terhadap nikmat yang di berikan Allah SWT

Leave a Reply