Home >> Agama >> Tips Cerdas Supaya Bangun Sepertiga Malam
Tips Cerdas Supaya Bangun Sepertiga Malam

Tips Cerdas Supaya Bangun Sepertiga Malam

Sepertiga malam? Waktu yang sangat mustajab untuk berdoa ini terkadang sangat sulit untuk didapatkan. Karena diwaktu ini kebanyakan orang memilih tidur dibanding untuk bangun kemudian berdoa kepada Allah, entah karena malas atau capek kita tidak tahu jawabannya ada pada diri kita sendiri. Padahal, sudah banyak orang yang tahu kalau kita bangun di waktu sepertiga malam kita akan mendapat pahala yang sangat banyak dari Allah. Dan diwaktu ini juga Allah turun ke langit bumi sambil berkata “Anna Malik Anna Malik” sehingga orang yang berdo`a atau beribadah diwaktu ini pasti doanya akan langsung dikabulkan oleh Allah.

Namun, sayang masih banyak orang yang kesulitan bangun ketika sepertiga malam, salah satunya karena bujuk rayu syetan yang menjadikan kita malas untuk bangun. Memang awalnya sangat sulit untuk membuka mata namun jika sudah terbiasa kita malah akan merasa menyesal saat tidak bangun. Nah, agar kita bisa terbiasa bangun malam, kita bisa mencoba beberapa tips berikut :

  1. Tidak tidur larut malam. Kebiasaan tidur larut malam juga tidak baik untuk kesehatan kita, bahkan Rasulullah juga melarang kita tidur terlalu malam. Usahakan tidur dibawah jam 10, agar kita bisa lebih mudah untuk bangun ketika sepertiga malam.
  1. Wudlu sebelum tidur. Hal ini memang merupakan salah satu sunnah sebelum tidur. Selain bisa mensucikan diri, dengan wudlu sebelum tidur juga bisa membuat kita mengingat Allah, sehingga bangun di sepertiga malam akan lebih mudah.
  1. Membaca do`a sebelum tidur. Usahan disetiap akan tidur kita selalu membaca doa, baik doa sebelum tidur, dzikir, maupun surat-surat penjagaan diri. Karena dengan membaca doa kita bisa terhindar dari bujuk rayu syetan, sehingga di waktu sepertiga malam kita bisa lebih mudah untuk terbangun.
  1. Menata niat. Bangun malam ini harus selalu diniati dengan niat karena Allah dan tidak boleh diniati dengan niat selain Allah. Karena kalau kita bisa menata niat benar- benar niat karena Allah, seandainya kita tidak bangun karena tidak sengaja maka kita akan tetap mendapat pahala semisal orang yang berdoa di waktu sepertiga malam.
  1. Tidur dengan posisi yang benar. Posisi yang disunnahkan oleh Rasulullah adalah badan miring ke kanan, kemudian tangan di tangkupkan dan diletakkan dibawah pipi. Tapi sebelum tidur Rasulullah juga sudah menyunahkan untuk membersihkan tempat tidur dengan menggunakan selimut yang akan kita gunakan untuk tidur.

Jika, kita sudah terbangun saat sepertiga malam, usahakan langsung duduk kemudian langsung pergi ke kamar mandi untuk mengambil air wudlu. Karena ketika kita tidur, kita itu diikat oleh tiga ikatan. Ikatan pertama akan lepas jika kita bangun kemudian langsung duduk, ikatan kedua akan lepas jika kita mengambil air wudlu, dan ikatan ketiga akan lepas jika kita sholat dan berdoa kepada Allah.

Mungkin banyak orang yang berpendapat, kalau bangun di sepertiga malam ketika pagi kita tidak akan bisa beraktivitas apapun karena faktor ngantuk. Namun dalam kenyataannya pendapat itu sangat tidak benar, karena bangun di sepertiga malam memiliki manfaat yang sangat baik untuk kita, beberapa manfaat itu adalah:

  1. Mendapat pahal dari Allah.
  2. Doa yang kita panjatkan akan cepat terkabul
  3. Sholat Subuh tidak akan telat
  4. Membuat tubuh menjadi sehat dan selalu nampak segar
  5. Membuat kita semakin semangat untuk menjalankan aktivitas
  6. Membuat hati dan fikiran menjadi semakin tenang.

Nah, itu sedikit tips agar bisa bangun di sepertiga malam. Semoga bermanfaat, Jangan lupa share dan baca artikel lainnya ya 😀

Leave a Reply