Home >> Celoteh >> Pernahkah Anda Tidur Mangap ?

Pernahkah Anda Tidur Mangap ?

Pastinya sudah pernah melihat seseorang yang tidur sambil membukakan mulutnya tanpa sadar ( mangap ). Bahkan tanpa di sadari dirinya sendiri yang pernah melakukan hal itu tanpa disadari juga bahwa dirinya di tertawakan oleh teman – temannya dan bahkan dijaili oleh teman – temannya. Tidur dengan mulut terbuka biasanya lebih sering terjadi tidur disaat bepergian. Karena biasanya tidur dengan keadaan yang melelahkan.
Tidur dengan keadaan mulut terbuka terjadi dikarenakan saat tidur otot wajah dalam keadaan relaks. Jadi, wajar pada orang – orang tidur yang mulutnya cenderung terbuka. Maka tidak usah khawatir. Karena hal ini normal bukan gangguan secara medis. Namun, tidur dalam keadaan mulut terbuka merupakan tanda – tanda tidak lancarnya saluran pernapasan seseorang yang menyebabkan paru – paru kekurangan oksigen sehingga merangsang mulut untuk menambah pasukan oksigen kedalam paru – paru agar lebih banyak.
Tidak lancarnya saluran pernapasan ini disebabkan oleh penyimpitan otot – otot di sekitarnya. Hal ini dapat menyebabkan nafas terhenti atau sleep apnea. Nafas terhenti ini tidak langsung menyebabkan kematian, sebab begitu paru – paru kekurangan oksigen seseorang akan bangun dalam keadaan gelagapan.
Namun dalam jangka panjang kondisi ini sangat mengganggu kualitas tidur dan mengurangi produktivitas. Bukan itu sleep apnea juga dikaitkan oleh penyakit – penyakit kronis termasuk tekanan darah tinggi , stroke atau serangan jantung. Hati – hati juga disaat tidur terbuka mulut cicak atau lalat masuk kedalam mulut.
Gimana?? Ternyata serem juga ya penyebab tidur mulut terbuka ( mangap ).

Leave a Reply