Home >> Tekno >> Gadget >> Baca Ini Dulu Sebelum Beli iPhone !!!
iphone asli atau palsu?

Baca Ini Dulu Sebelum Beli iPhone !!!

Bagi pecinta gadget, memiliki perangkat canggih dengan teknologi terkini merupakan impian yang harus diwujudkan. Tak jarang para pecinta gadget ini rela merogoh kocek yang cukup dalam demi mendapatkan gadget impian. Tentu masih ingat saat perilisan iPhone seri terbaru. Dimana banyak para pecinta produk dari apple ini rela antri hingga berjam – jam bahkan sampai menginap di lokasi demi menempati urutan terdepan dalam antrian. Padahal harga iPhone terbaru yang diluncurkan saat itu dijual dengan harga yang fantastis.

Saking banyaknya orang yang ingin mencicipi kecanggihan produk ini, munculah oknum nakal yang membuat iPhone aspal yang mampu menjebak para calon pembeli iPhone. Sepintas produk yang mereka buat terlihat sama persis dengan iPhone asli. bagi yang masih awam dengan produk iPhone hal ini tentu menjadi masalah. Sebab, sedikit sulit membedakan iPhone asli atau iPhone palsu.

Jika masih belum tahu perbedaan iPhone asli atau iPhone palsu, baca tips di bawah ini sebelum membeli iPhone.

Cara membedakan iPhone asli atau palsu

Bahan material

Hal yang paling sederhana membedakan iPhone asli atau palsu adalah dari tampilan luarnya. Dalam hal ini bisa diihat dari bodynya. iPhone yang asli memiliki body yang lebih halus dari pada body iPhone palsu yang cenderung lebih kasar. Pemilihan bahan terbaik membuat body iPhone asli lebih halus dan nyaman di genggaman.

Icon

iPhone yang asli tentu memiliki kualitas grafis yang lebih bagus. Bahkan dari detail setiap iconya pun bisa dibedakan dengan jelas mana yang iPhone asli dan mana iPhone abal – abal. Icon – icon iPhone yang asli jelas. Sementara iPhone abal – abal menampilkan icon yang buram dan kurang jelas.

Screenshot

iPhone yang asli memiliki caranya tersendiri dalam mengambil gambar lewat screenshot. iPhone asli menggunakan tombol home dan lock untuk melakukan screenshot. Jika ada perangkat mirip iPhone tidak menggunakan kombinasi tombol tersebut maka bisa dipastikan itu adalah iPhone palsu.

iTunes dan AppStore

iTunes dan AppStore merupakan layanan yang sengaja dibuat khusus untuk setiap produk apple termasuk iPhone. Jika menggunakan iPhone alsi, iTunes pasti bisa mengenali iPhone tersebut. Begitu juga ketika masuk ke layanan AppStore. Jika berhasil masuk dengan Apple ID, itu artinya perangkat iPhonenya asli. Namun jika setelah masuk ke AppStore ternyata keluar adalah Google Play maka perangkat tersebut bukanlah iPhone asli melainkan perangkat berbasis Android yang telah dimodifikasi mirip seperti tampilan antar muka iOS.

Cek spesifikasi

Mengingat iPhone bukanlah smartphone murah, sangat penting untuk mengetahui spesifikasi sebelum memutuskan untuk membawa pulang perangkat mahal tersebut. Begitu pula dengan garansi yang diberikan terhadap produk tersebut. Jangan sampai pas di rumah, produk tersebut rusak dan tidak ada garansi yang melindungi.

Cek IMEI dan Serial Number

Jika ragu dengan perangkat yang dibeli apakah iPhone asli atau palsu, bisa dicek IMEI produk tersebut. Untuk mengeceknya, masuk ke menu Setting-General-About. Lihat IMEI yang ditampilkan apakah sama dengan dengan IMEI yang ada di DusBox. Untuk mengecek serial number bisa di cek di :

https://selfsolve.apple.com/agreementWarrantyDynamic.do

harga

hal yang paling mendasar dan patut menjadi bahan pertimbangan adalah harga. iPhone asli sudah pasti dibanderol dengan harga yang ekslusif. Sementara jika ada yang menawarkan iPhone dengan harga yang lebih rendah dari pada harga aslinya, maka harus berhati – hati. Bisa jadi produk tersebut merupakan iPhone abal – abal alias aspal.

Semoga tips di atas bermanfaat bagi anda yang ingin membeli iPhone baru.

Leave a Reply