Home >> Agama >> Sudah Menghafal Berapa Juz Hari Ini ?
Sudah Menghafal Berapa Juz Hari Ini

Sudah Menghafal Berapa Juz Hari Ini ?

Di zaman sekarang ini sudah jarang kita temukan orang yang masih hobi menghafal Al-Quran, jangankan menghafal melihat orang membawa Al-Quran ke pengajian saja sudah jarang kita lihat. Bahkan orang tua zaman sekarang lebih khawatir jika anaknya tidak bisa menghafal perkalian daripada menghafal Al-Quran. Orang tua zaman sekarang kebanyakan membiarkan anaknya untuk lebih sering bermain game dengan gadgetnya dibanding mengajari anak untuk menghafal Al-Quran. Yang lebih parah lagi di zaman sekarang ini bahkan ada orang tua yang sama sekali tidak mengetahui perkembangan anaknya, orang tua lebih mementingkan pekerjaan dibanding mengantar anak mengaji atau mengajak anaknya sholat berjama`ah di masjid.

Di akhir zaman sekarang ini kita, terutama umat muslim harus mulai menumbuhkan lagi semangat dan tekat untuk menghafal Al-Quran, karena dengan seringnya kita menghafal Al-Quran akan memudahkan kita untuk tidak melakukan hal-hal negatif seperti yang sudah banyak kita temui di zaman seperti ini. Nah, untuk itu aku akan berbagi beberapa tips agar kita bisa lebih mudah dalam menghafal Al-Quran, beberapa diantaranya :
<ol>
<li>Menata niat. Semua hal entah apapun itu termasuk menghafal Al-Qur
an harus didasari dengan sebuah niat, namun niat disini harus tetap niat karena Allah bukan niat untuk pamer atau agar dipandang orang. Niat disini tidak harus diucapakan lewat lisan cukup dengan menata hati agar selalu niat karena Allah.

  1. Menenangkan fikiran dan fokus. Ketika akan memulai menghafal usahakan fikiran dalam keadaan fress dan fokus untuk menghafal, menghafal, dan menghafal. Jika ada masalah hendaknya masalahnya diselesaikan dulu hingga fikiran bisa tenang, karena jika fikiran tidak tenang maka apa yang kita hafal susah untuk diingat oleh otak.
  1. Mencari tempat yang nyaman dan sepi. Tempat yang sejuk dan jauh dari kebisingan akan membuat hati dan fikiran menjadi lebih tenang sehingga lebih memudahkan otak kita untuk merekam apa yang telah kita ucapkan.
  1. Memperbanyak mendengarkan bacaan surat-surat hafalan dan menghindari seringnya mendengarkan musik. Ketika ada waktu santai usahakan untuk mendengarkan surat-surat hafalan, jangan malah waktu santai itu digunakan untuk mendengarkan lahan, seperti musik. Karena musik atau lahan lainnya akan membuat hafalan-hafalan kita cepat hilang, selain itu mendengarkan surat-surat hafalan juga bisa digunakan sebagai sarana untuk menderes apa yang sudah kita hafalkan.
  1. Ketika menghafal dibaca berulang-ulang. Sebanyak mungkin kita mengulang surat yang akan kita hafalkan, akan semakin lama pula kita bisa mengingat surat itu. Karena mengulang-ngulang kata hingga beberapa kali akan membuat otak kita lebih lama untuk merekamnya, sehingga hafalan surat kita tidak akan cepat hilang dan akan tahan lebih lama di dalam otak kita.
  1. Inilah yang sering dilupakan oleh orang yang menghafal Al-Qur`an, padahal sabar inilah yang akan membawa seseorang pada keberhasilan. Sesuatu yang kita harapkan tidak mungkin akan langsung kita dapat, sesuatu itu butuh proses yang panjang hingga akhirnya kita bisa memilikinya dan selama proses itu hanya sabarlah yang akan menentukan semuanya.

Jadi, sebenarnya menghafal Al-Quran itu tidak serumit apa yang kita bayangkan, cukup dengan menenangkan fikiran, hati, dan bersabar kita sudah bisa memulai untuk menghafal Al-Quran. Dan jika dalam menghafal benar-benar diniati karena Allah, Allah pasti menolong segala kesulitan kita, karena Allah hanya akan menolong pada hambanya yang menolong agamanya Allah.

Nah, itu sedikit tips untuk menghafal Al-Qur`an. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya ya 😀

Leave a Reply