Home >> Tekno >> Begini Cara Update Aplikasi Android tanpa Harus Makan Kuota Internet
mematikan atau mengatur notifikasi update aplikasi android

Begini Cara Update Aplikasi Android tanpa Harus Makan Kuota Internet

Beritalamongan.com – update atau pembaruan merupakan layanan yang bisa dibilang cukup penting bagi aplikasi yang terpasang di perangkat. Dengan hadirnya pembaruan teresebut, masalah yang sebelumnya sering dialami ketika aplikasi dijalankan bisa teratasi. Namun sayang, pemberitahuan untuk update aplikasi ini sering kali membuat pemilik gadget mengerutnya dahinya karena pemberitahuan atau notifikasi tersebut terus – terusan muncul.

Tidak hanya notifikasi saja yang membuat jengkel tetapi juga penggunaan kuota internet yang juga ikut terkuras di saat perangkat melakukan update terhadap aplikasi tersebut. Oleh karena itu, banyak pengguna yang merisaukan kuota internet yang dimiliki ketika mereka tersambung ke internet. Dengan perasaan cemas, mereka takut kuota internet yang dimiliki akan banyak terkuras mengingat update aplikasi android ini juga membutuhkan kuota yang cukup besar.

Akan menjadi sangat masalah mengingat kuota yang ditawarkan setiap penyedia layanan seluler juga terbatas. Kalau pun ingin mendapatkan kuota yang melimpah, maka pelanggan juga harus rela merogoh kocek yang cukup dalam untuk membayarnya. Bagi yang berkantong tipis hal tersebut tentu tidak menjadi masalah, tetapi tidak demikian dengan mereka yang berkantong pas – pasan. Tentu mereka tidak ingin membayar lebih hanya untuk mendapatkan update yang dianggap kurang begitu bermanfaat bagi mereka.

Nah, jika masalah update aplikasi android ini juga menjadi masalah bagi perangkat anda, perhatikan tips mematikan dan mengatur notifikasi update aplikasi android di bawah ini:

Untuk mematikan atau mengatur notifikasi update aplikasi android, pertama masuk dulu ke play store dari perangkat pintar anda. Pilih icon dengan gambar tiga garis sejajar yang berada di sebelah kotak pencarian.

update aplikasi android

Jika sudah, masuk ke menu pengaturan. Lihat di bagian kategori umum, di sana terdapat pilhan pembaruan, “perbarui aplikasi secara.” Pilih atau klik maka akan muncul pilihan seperti ini:

  • Jangan perbarui aplikasi secara otomatis
  • Perbarui secara otomatis kapan saja (mungkin dikenakan biaya data)
  • Perbarui aplikasi secara otomatis hanya melalui WiFi

Jika anda memilih opsi yang pertama, maka perangkat anda tidak akan pernah melakukan update aplikasi. Meskipun anda tersambung ke internet baik dari data maupun dari WiFi, perangkat anda tidak akan pernah melakukan update aplikasi.

Jika anda memilih opsi yang kedua, perangkat android anda akan melakukan update secara otomatis dan akan menggunakan kuota internet yang anda miliki. Akan sangat riskan kehilangan banyak kuota internet jika pilihan yang kedua ini anda aktifkan.

Sementara untuk opsi yang ketiga, perangkat android anda akan secara ototmatis melakukan update di saat anda terkoneksi ke jaringan WiFi. Untuk opsi ketiga adalah pilihan yang bijak untuk tetap memperbarui perangkat dengan data gratis. Jadi sangat disarankan untuk memilih opsi yang ketiga.

Leave a Reply