Home >> Agama >> Sudahkah Anda Shadaqah Hari Ini ?
Sudahkah Anda Shadaqah Hari Ini ?

Sudahkah Anda Shadaqah Hari Ini ?

Apa sih sebenarnya shadaqah itu? Secara umum shadaqah memiliki arti memberikan sebagian harta baik kepada fakir miskin, kepada teman, maupun kepada kerabat sendiri. Shadaqah tidak harus berupa uang, namun bisa diwujudkan dengan barang atau dengan perbuatan. Pada intinya, shadaqah memiliki makna segala macam perbuatan baik yang ditujukan hanya untuk tujuan mendapat pahala dan ridlo dari Allah.

Allah juga telah menjelaskan dalam Al-Quran surat Saba’ ayat 39 bahwa “apa-apa yang kalian infaqkan dari sesuatu, maka Allah akan menggantinya”, di jelaskan juga di Hadist Tirmidzi bahwa “sodaqoh itu tidak akan mengurangi harta”. Jadi pada intinya, Allah telah menjanji kepada umatnya bahwa Allah tidak akan membuat miskin pada orang yang senang bahkan hobi bershadaqah. Dan Allah juga telah berjanji akan mengganti lebih banyak lagi kenikmatan dari semua harta yang telah dikeluarkan untuk shadaqah, sebagaimana yang dijelaskan dalam Al-Quran surat At-Taubah ayat 111 bahwa “Allah akan membeli diri dan hartanya orang iman dengan surga”. Namun untuk mendapatkan itu semua niatnya harus tetap dijaga dengan niat karena Allah, karena segala macam perbuatan baik tidak akan berarti apa-apa jika tidak diniati dengan niat karena Allah.

Meskipun terlihat remeh, hanya memberi sedikit harta kepada orang lain dengan diniati karena Allah, ternyata dibalik hal remeh itu shadaqah memiliki banyak keutamaan, salah satu contoh keutamaannya yaitu:

  1. Shadaqah bisa mendatangkan rezeki. Karena sekecil apapun shadaqah itu jika diniati karena Allah, maka Allah akan terus menambah, menambah, dan menambah pada hartanya orang tersebut. Selain itu shadaqah juga merupakan wujud syukur seseorang terhadap Allah, sehingga Allah akan terus menambah pada hartanya orang yang mau bersyukur pada Allah.
  2. Shadaqah bisa digunakan untuk menghilangkan kesulitan. Karena Allah akan menolong pada hambanya jika hambanya juga menolong pada agamanya Allah. Salah satu cara untuk menolong agama Allah juga bisa diwujudkan dengan shadaqah harta maupun tenaga.
  3. Shadaqah bisa memperpanjang umur. Allah memerintah kita untuk selalu berbuat baik entah kepada tetangga ataupun kerabat karena berbuat baik itulah yang bisa digunakan untuk menyambung family. Shadaqah juga merupakan salah satu perbuatan baik yang bisa digunakan untuk menyambung family. Sedangkan salah satu keutamaan menyambung family adalah bisa memperpanjang umur seseorang.

Namun perlu diingat juga ketika bershadaqah, shadaqahnya harus diniati dengan niat karena Allah dan tidak ada sedikitpun niat untuk pamer. Karena jika shadaqah itu hanya diniati untuk pamer, bukannya mendapat pahala dari Allah malah akan mendapatkan dosa karena shadaqah yang diniati selain niat karena Allah itu temasuk perbuatan syirik yang tidaka akan membawa kita masuk ke dalam surga. Allah juga telah mengancam pada orang-orang yang selama hidup tidak mau mengeluarkan hartanya sedikitpun untuk shadaqah yaitu ketika di akhirat nanti harta itu akan berubah menjadi ular yang sangat besar yang akan memakan pada dirinya orang yang tidak mau bershadaqah.

Jadi, mulai hari ini hobilah dan senaglah bershadaqah, karena hanya shadaqahlah yang akan mensucikan pada harta Anda dan bisa membuat Anda menjadi orang yang jauh lebih bersyukur, tanyakan selalu pada diri Anda “sudahkah saya bershadaqah hari ini?”.

Nah, itulah sedikit pengetahuan tentang shadaqah. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya ya 😀

Leave a Reply