Home >> Tips & Trik >> Tips Cerdas! Perawatan Rambut Bagi Wanita Berjilbab
Tips Cerdas! Perawatan Rambut Bagi Wanita Berjilbab

Tips Cerdas! Perawatan Rambut Bagi Wanita Berjilbab

Wanita adalah makhluk yang diciptakan dengan kewajiban memakai jilbab. Namun meskipun begitu wanita berjilbab tetap menginginkan memiliki rambut yang sehat dan indah. Padahal dengan seringnya memakai jilbab bisa membuat rambut mudah lembab dan rontok, namun hal itu tidak akan terjadi bila Anda rajin merawatnya. Memang, untuk wanita yang berjilbab merawat rambut harus lebih ekstra dan membutuhkan ketelatenan yang lebih tinggi. Dan masih banyak dari wanita yang mengeluhkan kalau perawatan mereka masih belum tepat sehingga mereka sering pusing dengan rambut yang kurang sehat. Tapi jangan khawatir jika Anda menginginkan rambut yang sehat meskipun berjilbab, monggo ikuti cara berikut :

  1. Memakai jilbab yang berbahan katun atau kaos

Kenapa sih kita kok harus memakai jilbab yang berbahan kaos atu katun? Karena kain yang berbahan kaos atau katun bisa menyerap keringat yang ada di kepala kita, sehingga kulit kepala tidak mudah berkeringat dan bisa mencegah adanya ketombe.

  1. Ketika memakai jilbab usahakan rambut dalam keadaan kering

Karena rambut yang masih basah bisa menyebabkan kulit kepala lembab sehingga bisa memicu adanya ketombe dan bau tidak sedap pada rambut. Jadi jika selesai keramas tunggu rambut sampai benar-benar kering baru gunakan jilbab. Namun jika terburu-buru bisa menggunakan hairdryer untuk mengeringkannya.

  1. Menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala

Hal ini bisa dilakukan dengan cara keramas secara teratur setiap 2 hari sekali atau 3 kali dalam seminggu. Jika ingin hasil yang lebih sempurna bisa menggunakan bahan alami untuk perawatan rambut seperti menggunakan lidah buaya atau bahan alami lainnya. Namun jika Anda baru bepergian dari tempat yang lingkungannya kotor atau dari rumah sakit sebaiknya rambut segera di keramasi agar bakteri-bakteri yang menempel di rambut bisa segera hilang sehingga tidak menyebabkan adanya kutu dalam rambut.

  1. Jangan mengikat rambut terlalu kencang

Gunakan pengikat rambut dengan bahan yang lembut (hindari mengikat rambut dengan karet gelang). Lalu ikat rambut dalam keadaan renggang (jangan terlalu kuat), karena rambut yang diikat terlalu kencang akan mengakibatkan rambut cepat rontok dan juga bisa membuat kepala menjadi pusing.

  1. Rajin menyisir rambut sebelum dan setelah memakai jilbab

Menyisir rambut dengan rutin akan membuat kulit kepala menjadi lebih fress, karena sisir rambut akan sedikit memberi pijatan pada kulit kepala saat Anda menyisir rambut. Namun usahakan menggunakan sisir yang renggang dan terbuat dari plastik hal ini ditujukan untuk mengurangi kerontokan pada rambut.

  1. Beri rambut waktu untuk beristirahat

Ketika seharian Anda beraktivitas dengan memakai jilbab, maka ketika Anda dirumah beri waktu rambut Anda untuk beristirahat yaitu dengan cara membiarkan rambut Anda terurai tanpa jilbab dan pengikat rambut, agar rambut bisa bernafas dengan lega. Hal ini juga bisa mencegah rambut agar tidak lembab dan tidak mudah rontok.

Nah, itulah tips cerdas untuk merawat rambut, semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya ya 😀

Leave a Reply