Home >> Celoteh >> Manfaat Memakai Jilbab atau Hijab
Wanita berhijab

Manfaat Memakai Jilbab atau Hijab

Assalamualaikum…Di kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang apa saja sih fungsi hijab? Ternyata fungsi hijab itu banyak lho.
Fungsi Jilbab atau Hijab untuk Kesehatan :
1. Ternyata kulit wanita lebih tipis di bandingkan dengan kulit laki laki. Serta memiliki jumlah pigmen yang lebih rentan terkena kanker kulit jika terkena sinar radiasi Ultra Violet (UV). Maka dari itu islam menganjurkan untuk wanita agar selalu menutup tubuhnya (kecuali telapak tangan dan wajah).
2. Dapat mencegah kontak langsung antara kulit dan sinar ultraviolet matahari langsung yang berbahaya (antara jam 10 pagi sampai 4 sore). Karena secara ilmiah hal ini menyebabkan berbagai macam penyakit kulit yang berbahaya bagi manusia. Contohnya : Sunburn (terbakar sinar matahari), Solar keratoses (peradangan kulit luar), Solar Urticaria (gatal gatal karena matahari), dan kanker kulit.
3. Menjaga kesehatan rambut dari sinar UV, debu, dan polusi. Rambut yang tidak terlindungi akan menjadi kusut dan kusam.
4. Lebih higienis dan tahan terhadap penyakit. Kebiasaan mengenakan hijab dapat membuat kebiasaan hidup bersih sehingga terhindar dari penyakit. Buktinya, lihatlah perawat rumah sakit, pekerja restoran dan lain lain. Mereka di wajibkan mengenakan penutup kepala agar dapat mencegah dari kontaminasi virus.
Fungsi Jilbab atau Hijab untuk Wanita Muslimah :
1. Menjaga Pandangan, Menjaga keimanan dan pendekat antara hamba dan tuhannya. Bagi mereka mereka yang memakai hijab secara tidak sadar mereka akan menjaga pandangannya, mereka akan berusaha menjadi diri yang lebih baik dan akan menjaga keimanannya, maksudnya mereka akan lebih giat beribadah pada allah dan akan sebisa mungkin mengerjakan amalan amalan yang di wajibkan dan disunnahkan oleh allah. Maka dari itu dia akan menjadi lebih dekat dengan Allah.
2. Mentaati perintah agama. Berhijab adalah salah satu kewajiban bagi wanita muslimah. Ini salah satu dalil tentang wajibnya berhijab.
Qur’an Surat Al-Ahzab : 59
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُوراً رَحِيماً
Artinya: “ Wahai Nabi, katakanlah kepada para istrimu, para anak perempuanmu dan para isteri orang muslim, Hendaklah mereka mengulurkan atau menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk di kenal, dan karena itu agar mereka tidak di ganggu. Dan Allah itu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.
3. Terhindar dari godaan untuk berlaku yang kurang sopan. Saat wanita memakai hijab pasti mereka akan berpikir 2x lipat untuk melakukan tindakan yang mungkin kurang sopan karena beban moral yang mereka emban. Bagi mereka yang memang serius untuk berhijab pasti sebisa mungkin tindakan kurang sopan akan mereka hindari.
4. Menjaga diri. Laki laki akan merasa enggan dan malu jika akan menggoda atau mengganggu wanita yang berhijab. Percaya atau tidak, Menurut survei laki laki akan merasa enggan untuk menggoda atau mengganggu wanita yang mengenakan hijab. Karena wanita yang berhijab akan terlihat lebih anggun dan terhormat daripada wanita yang tidak memakai hijab atau yang berpakaian terbuka.
5. Menutup aurat. Inilah fungsi yang paling penting dan paling dasar bagi mereka yang mengenakan hijab. Karena dengan mengunakan hijab akan menutupi seluruh aurat yang tidak boleh dilihat oleh orang lain hanya boleh dilihat oleh suami atau mahromnya saja.
6. Mendidik untuk berperilaku baik. Mengenakan hijab tidak hanya untuk menutup aurat saja tapi juga untuk menjaga pandangan maksudnya menjaga akhlak agar tidak melenceng dari syariat islam dan agar tetap berperilaku baik sesuai kaidah dan tuntunan agama islam. Meskipun banyak orang beranggapan bahwa hijab bukan jaminan dalam perilaku seseorang tapi jika seorang muslimah memang niat untuk mengenakan hijab, mereka akan semaksimal mungkin untuk menjaga perilaku dan akhlak mereka.
7. Menutupi masalah rambut. Mungkin jika rambut anda bermasalah mungkin karena kusam, kusut atau yang lain lain. Anda dapat terbantu dengan menggunakan hijab ini, jadi anda tidak perlu minder atau merasa terganggu dengan keadaan rambut anda yang seperti itu.
8. Mengurangi biaya perawatan rambut. Kembali lagi ke poin diatas, jika anda tidak mengenakan hijab rambut anda akan terasa kusam, kusut, kasar atau yang lain lain. Dengan menggunakan hijab anda tidak perlu ke salon untuk merebonding, smoothing, creambath dan lain lain karena rambut anda sudah tertutupi oleh hijab. Tapi dalam hal ini bukan berarti semua wanita yang berhijab rambutnya kusam, kusut, kasar, jelek dan lain lain yaa
9. Untuk wanita menyusui, jika anda mengenakan hijab yang benar anda akan lebih terbantu dan leluasa untuk memberikan asi di tempat umum yang mendesak. Hijab secara otomatis membantu anda untuk menutupi bayi saat si bayi sedang minum asi.
Fungsi Hijab untuk Kecantikan :
banyak wanita yang mengenakan hijab mereka terlihat lebih anggun dan sopan. Lagi pula di era sekarang ini banyak model hijab yang memungkinkan untuk di pakai dalam keadaan apapun. Jadi anda tidak perlu berpikir kalau anda mengenakan hijab, anda akan ketinggalan zaman. Selain menjadi cantik, di zaman sekarang juga banyak laki laki yang mengidamkan wanita berhijab. Banyak survei yang membuktikan jika laki laki memilih salah satu kriteria wanita idamannya adalah yang memakai hijab.
Setelah membaca postingan ini, apakah anda tergerak untuk memakai hijab? Jika tidak, apa yang membuat anda enggan untuk mengenakan hijab? Padahalkan mengenakan hijab it kewajiban dari Allah dan Rasulullah
Ayo pakai hijab!:) Salam Hijabers!

Leave a Reply