Home >> Wisata >> Kebun Raya Bogor, Tempat Wisata di Bogor Jawa Barat
Tempat wisata di Bogor

Kebun Raya Bogor, Tempat Wisata di Bogor Jawa Barat

Tempat wisata di Bogor adalah beberapa tempat yang dapat dikunjungi oleh para wisata ketika berkunjung di kota Bogor Jawa Barat. Kebun Raya Bogor merupakan salah satu tempat yang dapat disinggahi sebagai tempat berlibur di Bogor. Selain Kebun Raya Bogor, terdapat banyak tempat wisata di Bogor Jawa Barat yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk liburan. Tempat-tempat tersebut misalnya, Dramaga Bogor, Museum Etno-Botani, Museum Zoologi, Taman Kencana, Istana Bogor, Botani Square, dan sebagainya.

Kebun raya Bogor mempunyai topografi wilayah yang hampir sama dengan wilayah wisata di kota Malang. Hal ini membuat salah satu tempat wisata di Bogor ini menjadi primadona para wisatawan di kala hari libur telah datang. Kota Bogor tidah hanya dikenal sebagai kota hujan, namun juga dikenal sebagai kota bunga. Kota ini memang dikenal sebagai kota yang mempunyai banyak tempat wisata dengan keberagaman keindahan di dalamnya.

Tempat Wisata di Bogor dan Keberadaan Kebun Raya Bogor

Kebun raya Bogor merupakan salah satu tempat wisata di Bogor yang berjarak kurang lebih 60 km Jakarta Selatan. Jika ditempuh dengan berkendara hanya dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam. Tempat wisata ini berlokasi tepat di jalan Ir. H. Juanda No. 13 Bogor Jawa Barat. Iklim di kawasan tempat ini lebih dingin jika dibandingkan dengan Jakarta. Hal ini karena kota Bogor merupakan kota yang mempunyai curah hujan cukup tinggi.

Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor

Kebun raya Bogor sebagai salah satu tempat wisata di Bogor mempunyai luas lahan sebesar 87 hektar. Dari luas lahan tersebut, di dalamnya terdapat 5 ribu jenis pohon dari semua negara tropis, 4 ratus jenis pohon palem, dan 3 ribu varietas rumah anggrek. Dari keseluruhan jumlah tersebut, tempat wisata di Bogor Indonesia ini telah dijadikan sebagai tempat berlabuhnya 3504 jenis tumbuh-tumbuhan dari 199 spesies dan 1273 genus yang ada di dunia.

Sri Thomas Stamford Raffles adalah pencetus pertama adanya tempat wisata di Bogor yang bernama kebun raya Bogor ini. Pada saat itu, Dia menjabat sebagai Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Dia mendatangkan banyak tanaman yang diambil dari kebun raya Gardens Kew di Iggris. Tanaman tersebut kemudian ditanam di kebun raya Bogor dengan tujuan dibuat sebagai hadiah untuk istrinya.

Tempat Wisata di Bogor dan Perkembangan Kebun Raya Bogornya

Tempat wisata di Bogor yang terkenal dengan nama Kebun Raya Bogor ini diresmikan pada tahun 1817, tepatnya tanggal 18 Mei. Hal ini terjadi setelah kegiatan perluasan dan perkembangan lokasi wisata dilakukan. Prof. Dr. C. G. C. Reindwart, seorang yang berasal dari Jerman, adalah seorang ahli botani yang sangat berjasa dalam pendirian kebun raya Bogor ini.

Pada awal peresmiannya, tempat wisata di Bogor yang satu ini diberi nama S’lands Plantentiun te Buitenzorg. Kebun raya ini pertama kali digunakan sebagai pusat introduksi berbagai macam tanaman ekonomi yang dirintis sangat penting bagi bidang pertanian. Dalam perkembangannya, tempat ini pun lantas digunakan dan dimanfaatkan sebagai tempat konservasi tanaman, pusat penelitian untuk taksonomi, dan utilisasi pabrik, serta digunakan sebagai tempat studi adaptasi, penanaman, dan pengembangan tanaman, terutama dalam bidang holtikultura.

Tempat Wisata di Bogor dan Transportasi Perjalanannya

Trasportasi yang dapat kita manfaatkan dalam kunjungan kita ke tempat wisata di Bogor yang dikenal dengan nama kebun raya Bogor ini adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi, berupa mobil, atau kendaraan umum yang disewa. Waktu yang kita gunakan untuk sampai ke tempat tujuan kurang lebih sekitar satu jam dari kota Jakarta.

Leave a Reply