Home >> Wisata >> Wisata Alam di Jogja dengan Keindahan Air Terjun Sri Gethuk
Wisata alam di Jogja

Wisata Alam di Jogja dengan Keindahan Air Terjun Sri Gethuk

Wisata Alam di Jogja adalah sejenis wisata alam yang dapat ditemui di kota Jogja. Salah satu wisata alam yang terdapat di Jogja yaitu air terjun sri gethuk. Air terjun ini termasuk kategori tempat wisata yang patut untuk kita kunjungi ketika kita berwisata di kota Jogja. 

Wisata alam di Jogja merupakan sebuah tempat yang mempunyai keindahan secara alami. Lantas, tempat tersebut dijadikan sebagai tempat wisata yang mengundang banyak wisatawan untuk mengunjungi dan menikmati sebagian dari keindahan yang diciptakannya. Di daerah Jogja terdapat banyak tempat wisata alam yang bisa dijadikan tempat liburan bersama keluarga. Tempat-tempat tersebut diantaranya: gua cerme, goa selarong, gua rancang koncono, kali adem, kali urang, air terjun gethuk, lereng merapi, dan lain sebagainya.

Wisata alam di Jogja yaitu air terjun sri gethuk adalah sebuah wisata berupa aliran sungai yang membelah beberapa tebing yang sangat tinggi di wilayah Gunung Kidul Jawa Tengah. Walaupun dinyatakan sebagai wilayah yang sangat tandus dan juga kering, ternyata wilayah Gunung Kidul ini menyimpan keindahan yang serupa dengan tempat wisata Grand Canyon di daerah Amerika Serikat. Keindahan wisata alam di Jogja Jawa Tengah ini berupa aliran sungai dengan warna hijau yang membelah tebing-tebing dan menjadi air terjun yang selalu mengalir di sepanjang musim. Air terjun ini terkenal dengan sebutan air terjun sri gethuk.

Wisata Alam di Jogja dan Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun sri gethuk merupakan salah satu tempat wisata alam di Jogja. Tempat wisata air terjun sri gethuk ini terletak pada Dusun Menggoran Desa Wisata Bleberan. Air terjun ini pun menjadi salah satu destinasi wisata air terjun yang sangat sayang untuk dilewatkan ketika kita sedang berada di kota Jogja.

Wisata Alam di Jogja dan Perjalanan Menuju Air Terjun Sri Gethuk

Untuk mengunjungi tempat wisata alam di Jogja indah ini diperlukan fisik yang cukup kuat. Hal ini karena jalan yang harus ditempuh dalam perjalanan menuju air terjun sri gethuk sebagai salah satu wisata alam di Jogja sangat bervariasi. Bukan hanya melewati jalanan yang memiliki keadaan aspal bagus, tetapi juga harus melewati kondisi jalan yang cukup jelek.

Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Jogja
Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Dalam perjalanan menuju tempat wisata alam di Jogja ini kita juga akan disuguhkan area hutan kayu putih yang harus kita lewati. Area hutan kayu puih tersebut adalah milik perhutani. Setelah itu, juga terdapat kawasan hutan jati yang harus kita lewati untuk bisa sampai ke air terjun sri gethuk.

Setelah sampai pada area pemancingan, kita akan dihadapkan pada dua jalur untuk sampai pada air terjun. Jalur pertama adalah dengan menyusuri jalan setapak. Pemandangan yang dihadiahkan oleh jalur setapak tersebut berupa keindahan pemandangan sawah yang hijau dan berhiaskan dengan nyiur kelapa yang kerap kali melambai-lambai. Lambaian tersebut menceritakan keindahan wisata alam di Jogja, berupa air terjun sri gethuk pada para wisatawan yang tengah berkunjung.

Wisata Alam di Jogja dan Legenda Cerita Air Terjun Sri Gethuknya

Ketika kita menyusuri sungai Oya yang membelah perbukitan di sekitar air terjun sebagai tempat wisata alam di Jogja, kita akan menjumpai keheningan yang menyatu antara keindahan yang diciptakan sungai. Keindahan sungai itu terlihat dari keadaannya yang begitu tenang dan warna hijaunya.

Asal muasal nama air terjun sri gethuk yang dipakai sebagai nama tempat wisata alam di Jogja ini adalah sebuah tempat penyimpanan salah satu instrumen gamelan Jin Anggo Meduro. Nama instrumen gamelan tersebut adalah kethuk. Nama instrumen itulah yang akhirnya dijadikan sebagai nama tempat air terjun ini.

Leave a Reply