Home >> Celoteh >> Tips Untuk Menemukan Ide Cemerlang
Tips Untuk Menemukan Ide Cemerlang

Tips Untuk Menemukan Ide Cemerlang

Mungkin bagi seorang penulis atau blogger, menulis adalah hal yang paling utama. Mereka diharuskan untuk menulis sesuatu yang bisa membantu atau menghibur pembaca. Terkadang menemukan ide adalah hal yang mudah dan bisa datang dengan sendirinya ke otak kita, tapi tidak setiap saat ini akan terjadi. Ada saat dimana otak sudah kehabisan ide dan kata-kata untuk menulis. Ini menjadikan tulisan kita terbengkalai. Bahkan untuk penulis yang sudah handal sekalipun, tidak ada ide juga masalah yang sering dihadapi.
Tema tulisan adalah hal penting. Kalau tema tulisan tidak menarik pengunjung blog akan sedikit. Kehilangan ide adalah kegagalan terbesar bagi seorang penulis dan blogger. Bagaimana menemukan ide cemerlang untuk menulis lagi ? Mendapatkan ide cemerlang kembali itu mudah. Bacalah dan praktekkan ini saat kalian kehilangan ide !
1. Biarkan Tubuh dan Pikiran Santai
Ide tidak akan muncul jika tubuh dan pikiran dalam keadaan stress, lelah, pusing, banyak pikiran, dan lain-lain. Dengan beristirahat, tidur yang cukup dan mendengarkan musik kesukaan bisa membuat tubuh menjadi rileks. Atau mungkin kalian mempunyai sendiri untuk menenangkan pikiran.
2. Menyendiri
Menyendiri ini dalam arti menjauh dari kerumunan orang-orang dengan pergi ke pantai atau kemana saja yang bisa menjernihkan otak kalian. Kamar tidur, halaman belakang, bahkan toilet pun bisa dijadikan tempat menyendiri. Disaat seperti ini kalian bisa membiarkan pikiran kalian berimajinasi dan mungkin kalian bisa tiba-tiba mendapatkan ide untuk menulis.
3. Banyak membaca
Entah itu buku atau artikel di internet, bacalah sebanyak mungkin. Jadi kalian mempunyai wawasan yang luas. Dengan ini kalian juga bisa berimprovisasi dengan tulisan kalian, tidak hanya bergantung dengan tulisan orang lain. Ingat ! Menjiplak tulisan orang lain itu dilarang. Selain itu, akan membuat tidak kreatif dan otak kalian akan selalu buntu.
4. Selalu Membawa Note Kecil
Kemanapun kalian pergi, jangan pernah tinggalkan note kecil kalian. Ide itu bisa datang kapan saja dan dimana saja. Jadi ketika ide muncul saat kalian tidak di depan laptop kalian, kalian bisa mencatatnya di note kecil. Itu bisa membantu kalian ketika kalian kehilangan ide untuk menulis.
5. Buka Kamus
Buka acak kamus dan pilih satu kata yang kira-kira bagus untuk dijadikan artikel. Setelah itu kamu kembangkan agar menjadi menarik.
6. Mengikuti Grup atau Forum Tertentu
Dengan mengikuti grup atau forum yang mempunyai tujuan yang sama dengan kalian, kalian bisa berdiskusi tema yang akan kalian angkat dalam tulisan kalian.
7. Buka Google AdWords
Ini adalah website yang bisa membantu kalian menemukan ide untuk judul artikel kalian agar masuk ke halaman pencarian google.
Nah, itu tadi artikel tentang Tips Untuk Menemukan Ide Cemerlang. Semoga bermanfaat untuk kalian para penulis dan blogger 

Leave a Reply