Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Manfaat dan Resiko Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat dan Resiko Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat dan Resiko Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh

Pasti semua orang pernah ya yang namanya mandi pakai air hangat, apalagi yang rumahnya di dataran tinggi pasti nih setiap pagi rata – rata pada mandi pakai air hangat. Mulai dari bayi, ibunya bayi, sampai neneknya bayi pun pasti kalau udah kedinginan banget bakal mandi tuh pakai air hangat. Apalagi nih, kalau badan pas capek banget pasti mandi pakai air hangat rasanya akan nyaman banget, katanya sih kalau mandi air hangat itu serasa kayak di pijat jadi nyaman banget buah tubuh.

Nah lo tapi kalian ngerti gak sih kalau ternyata mandi air hangat itu punya banyak banget manfaat buat tubuh kita tapi juga punya beberapa efek samping juga sih. Oke biar kalian lebih faham akan khasiat dan efek samping mandi air hangat aku akan bahas satu persatu buat kalian biar kalian gak penasaran juga hehehe 😀

Inilah manfaat mandi air hangat bagi tubuh :

  1. Menjadikan kulit tampak awet muda. Mandi air hangat akan membuat pori – pori dalam tubuh terbuka sehingga membuat kulit menjadi semakin awet muda, terasa lembab, dan tidak kering.
  2. Bisa meredakan batuk. Uap air dari air hangat itulah yang bisa membuat tenggorokan menjadi lega saat batuk, karena dahak yang membuat tenggorokan menjadi sakit akan hilang ketika kita menghirup uap dari air hangat tersebut.
  3. Menghilangkan rasa pegal – pegal. Ketika badan terasa sangat capek, terasa nyaman bila tubuh langsung disentuh dengan sentuhan pijat. Namun tidak semudah itu kita mendapatkan tukang pijat yang langsung datang ketika kita membutuhkannya. Tapi jangan khawatir karena air hangat juga bisa membantu tubuh kita menjadi sangat nyaman dan terasa bugar lagi jika kita merendamkan tubuh dalam air hangat, karena air hangat inilahyang membuat tubuh terasa di pijat sehingga nyaman di tubuh.
  4. Membuat Cepat Tidur. Ngantuk, tapi sulit tidur!! Jangan khawtir karena ada satu hal yang sangat mudah yang akan membuat kita cepat tidur yaitu dengan mandi air hangat. Kok bisa ?? Karena mandi dengan air hangat akan membuat suhu tubuh kita menjadi berubah yang awalnya tinggi ketika di bak mandi kemudian akan turun perlahan menjadi rendah. Nah, perubahan suhu inilah yang akan membuat kita menjadi merasa sangat ngantuk.
  5. Menghilangkan rasa stres. Ketika pulang beraktivitas kemudian fikiran terasa penuh sehingga membuat otak kita merasa stres. Hal pertama yang wajib dilakukan adalah dengan mandi air hangat, namun ketika mandi nikmatilah dan rasakan kenyamannya mandi dengan air hangat, maka hal ini akan membuat otak merasa fress sehingga tidak membuat fikiran stress lagi.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mandi air hangat, namun dibalik manfaat air hangat bagi tubuh, ternyata air hangat juga bisa bedampak buruk jika dilakukan terus menerus tanpa di seimbangi air dingin, resikonya yaitu :

  1. Menimbulkan jerawat. Hal ini dikarenakan pori – pori tubuh yang terbuka terlalu lama. Jadi ketika selesai mandi dengan air hangat bilas lagi tubuh menggunakan air dingin, ini tujuannya agar pori-pori yang terbuka tadi bisa tertutup kembali sehingga tidak menimbulkan jerawat pada wajah.
  2. Bayi dalam kandungan bisa cacat. Nah hal ini disebabkan oleh ibu hamil yang terlalu sering mandi dengan air hangat tanpa diimbangi dengan air dingin, bisa juga karena air yang digunakan suhunya terlalu panas sehingga bisa berakibat buruk pada bayi yang dikandungnya.
  3. Membuat malas. Loh katanya tadi diatas membuat tubuh merasa nyaman tapi sekarang kok malah membuat tubuh menjadi malas ?? hal ini dikarenakan setelah mandi dengan air hangat tidak langsung diimbangi dengan olah raga yang teratur, sehingga membuat suhu tubuh yang panas menjadikan kita malas untuk melakukan aktivitas apapun.

Nah, itulah sedikit tentang mandi dengan air hangat, semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan baca artikal lainnya ya 😀

Leave a Reply