Home >> Properti >> Cantiknya Kolam Renang Dalam Rumah Kita
Kolam Renang Dalam Rumah

Cantiknya Kolam Renang Dalam Rumah Kita

Desain rumah dengan adanya kolam renang dalam rumah merupakan hal yang diimpikan banyak orang. Mereka beranggapan bahwa akan sangat menyenangkan apabila rumah mereka dilengkapi dengan fasilitas kolam renang. Mereka tidak harus mengeluarkan uang banyak untuk membeli tiket masuk ke kolam renang. Seperti itulah pemikiran banyak mengenai fasilitas kolam renang pribadi yang ada di dalam rumah.

Alternatif yang dapat kita lakukan untuk membuat kolam renang dalam rumah yang bergaya minimalis adalah dengan membuat kolam renang minimalis. Hal ini biasa dilakukan banyak orang yang mempunyai rumah minimalis. Selain adanya keterbatasan lahan yang sangat sempit, kolam renang dengan gaya minimalis dijadikan sebagai alternatif oleh sebagian orang karena biaya yang harus dikeluarkan cukup sedikit jika dibandingkan dengan kolam renang yang berukuran besar.

Keuntungan yang dapat kita rasakan dengan membangun kolam renang dalam rumah adalah adanya efisiensi waktu dan juga keuangan untuk melakukan refreshing bersama keluarga. Hal ini karena kita sudah membuat tempat rekreasi di dalam rumah kita dengan gaya minimalis pada kolam renang tersebut. Selain itu, kebutuhan kita akan olahraga air, yaitu berenang, dapat terpenuhi.

Pembuatan kolam renang dalam rumah mempunyai beberapa persyaratan khusus yang harus kita realisasikan. Persyaratan khusus tersebut adalah dana anggaran yang memadai dan space area yang cukup untuk membangun kolam renang. Anggaran dana tersebut nantinya tidak hanya kita gunakan untuk biaya pembuatan kolam renang saja, melainkan juga biaya perawatan kolam renang di setiap bulan yang akan terjadi. Permasalahan dari aspek pendanaan ini sangatlah perlu dianggap penting mengingat fasilitas kolam renang yang ada di rumah kita merupakan fasilitas yang terbilang mewah.

Tahapan Pembuatan Kolam Renang Dalam Rumah

Keterbatasan lahan dalam membangun kolam renang dalam rumah merupakan kendala teknis yang sering terjadi. Untuk itulah, jenis kolam renang minimalis kerap kali menjadi solusi yang ditawarkan untuk pembuatan kolam renang ini. Adanya hal ini akan membuat kita mendesain ulang tipe kolam renang minimalis yang akan kita buat dengan lahan yang relatif.

Terdapat banyak hal yang harus kita perhatikan dalam mendesain kolam renang dalam rumah. Hal pertama adalah masalah ketersediaan lahan. Lahan tersebut nantinya merupakan tempat di mana kolam renang itu akan dibangun. Katersediaan lahan ini mengacu pada jenis kolam renang yang akan dibangun. Berhubung kolam renang ini ada di dalam rumah, berarti kolam renang ini termasuk jenis kolam renang indoor.

Hal kedua dalam pembuatan kolam renang dalam rumah yang perlu diperhatikan adalah sistem filtrasi yang akan digunakan. Pada umumnya, ada dua perbedaan dari desain kolam renang. Perbedaan itu terletak pada sistem filtrasi dan struktur konstruksinya. Sistem filtrasi pertama yang biasa digunakan adalah dengan menggunakan metode pemipaan. Sistem kedua dengan menggunakan sistem filter yang tidak menggunakan penanaman pipa seperti pada sistem pertama tadi.

Dalam pembuatan kolam renang dalam rumah yang juga perlu diperhatikan adalah masalah penggunaan material konstruksi pada kolam renang. Hal ini sangatlah perlu kita pertimbangkan secara matang. Kita juga harus memperhitungkan beberapa kemungkinan terburuk yang mungkin saja terjadi. Misalnya, ketika kita harus membuat kolam renang pada sebidang tanah yang mudah retak, mungkinkah akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau lain sebagainya.

Pembuatan kolam renang dalam rumah yang dikerjakan pada sebidang tanah yang stabil perlu kita gunakan material konstruksi berupa metode pengecoran. Sistem tersebut dapat dilakukan secara menyeluruh pada kolam renang. Dapat diambil kesimpulan bahwasanya kondisi sebidang tanah yang akan digunakan sebagai tempat kolam renang sangat berpengaruh besar terhadap jenis material konstruksi yang akan digunakan.

 

Leave a Reply