Home >> Celoteh >> Tips Cerdas!! Syarat Sukses Mencari Ilmu
Tips Cerdas!! Syarat Sukses Mencari Ilmu

Tips Cerdas!! Syarat Sukses Mencari Ilmu

Ilmu ?? kebutuhan wajib yang harus dimiliki oleh setiap orang ini, merupakan salah satu bekal untuk menunjang kehidupan di masa mendatang. Terutama bagi remaja – remaja yang masih duduk di bangku sekolah, ilmu merupakan modal utama untuk bisa mengerti apa yang dia pelajari ketika di sekolah. Ilmu juga yang akan membawa seseorang menuju puncak kesuksesan, sehingga kehidupan di masa mendatangnya akan sangat mudah dilalui karena ada ilmu yang mengiringinya.

Meskipun ilmu itu bisa dengan mudah kita dapat dimanapun kita berada, misal di pasar, di rumah, maupun di tempat bermain, namun ilmu itu sendiri tidak akan kita dapat secara sempurna bila tidak memiliki 6 syarat diantaranya yaitu cerdas, semangat, sabar, biaya, petunjuk guru, dan waktu yang lama. Nah, biar lebih faham akan 6 syarat tersebut aku akan menjelaskan satu persatu dari 6 syarat tersebut.

  1. Cerdas

Meskipun kemampuan orang itu berbeda – beda namun setiap orang pasti mempunyai kecerdasan, namun banyak dari mereka yang tidak pernah mengasah kecerdasannya, sehingga kemampuan mereka tidak bisa mereka ekspresikan. Nah, kecerdasan itu identik dengan otak, apabila otak itu setiap hari di asah maka otak juga akan merespon apa yang akan kita lakukan dengan cepat, namun apabila otak itu dibiarkan saja tanpa pernah di asah maka otak juga akan merespon kegiatan kita dengan lambat. Contohnya saja, ada 2 siswa yang kemampuannya itu sama – sama kurang ketika di kelas, namun ketika salah satu dari siswa itu di suruh membaca buku selama 5 menit setiap hari di banding dengan siswa yang disuruh membaca buku 1 jam tapi hanya dilakukan seminggu sekali maka tingkat kecerdasan akan lebih tinggi anak yang membaca buku 5 menit dalam sehari tapi dia rutin melakuknannya setiap hari, karena otaknya setiap hari diajak untuk membaca buku dan dengan sendirinya otak akan merekam apa yang sudah dia baca. Hal ini membuktikan bahwa setiap orang akan memiliki kecerdasan yang luar biasa apabila dia mau mengasah otaknya setiap hari.

  1. Semangat

Orang dikatakan semangat dalam mencari ilmu adalah orang yang akan terus berusaha meskipun sudah berulang kali gagal dan tidak akan pernah putus asa sampai dia berhasil. Orang yang semangat biasanya memiliki prinsip yang sangat bagus, misal ada orang yang memilki prinsip “bagaimanapun caranya aku harus menyelesaikan pekerjaan tepat waktu tanpa sedikitpun kesalahan”, ada juga orang yang berprinsip “tidak akan berhenti sampai berhasil”. Dalam kenyataanya orang yang semangat dalam mencari ilmu maka dia lah yang akan cepat menjadi orang yang sukses.

  1. Sabar

Biasanya inilah yang sering menghambat kesuksesan seseorang yaitu kurangnya kesabaran. Padahal, sabar adalah kunci utama menuju kesuksesan. Orang yang kurang sabar biasanya akan cepat putus asa dalam menjalani pekerjaannya, maka dari itu mulailah menanam kesabaran mulai dari sekarang, agar kita terbiasa sabar meskipun suatu saat kita akan mengalami kegagalan.

  1. Biaya

Hal inilah yang sering menjadi alasan seseorang tidak mau melanjutkan sekolah kejejnjang berikutnya yaitu alasan tidak ada biaya. Biaya ini juga yang sering menghambat kesuksesan seseorang yang tidak memilki keyakinan yang kuat. Padahal, sekarang ini pemerintah telah mencanangkan program sekolah gratis, mencanangkan bantuan untuk siswa – siswa yang kurang mampu, dan apabila orang itu pintar pemerintah juga ada program beasiswa yang bisa mempermudah seseorang untuk tetap sekolah meskipun dia tidak mengeluarkan biaya sedikitpun.

  1. Petunjuk Guru

Inilah hal yang perlu dihati – hati ketika mencari ilmu, karena banyak dari seseorang yang tidak berhasil karena tidak mau mendengarkan perkataan dari gurunya. Terkadang mereka yang melakukan itu adalah mereka yang suka meremehkan dan merasa paling pintar. Padahal, gurulah yang telah mengajari kita sehingga membuat kita bisa mengerti segala hal. Jadi, mulai sekarang, kita harus belajar untuk mengikuti apapun perkataan guru selagi perkataan itu benar dan tidak memberatkan pada kita.

  1. Waktu Yang Lama

Selain kesabaran, dalam menuntut ilmu juga diperlukan waktu yang lama. Karena tidak ada ilmu yang didapat dengan waktu yang singkat, pasti memerlukan beberapa proses yang bisa menghabiskan waktu lebih lama.

Nah, itulah beberapa penjelasan 6 syarat mencari ilmu, semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya ya 😀

Leave a Reply