Home >> Celoteh >> Belajar Kehidupan Dari Semut Yuk Sobat !!

Belajar Kehidupan Dari Semut Yuk Sobat !!

Semut, semut adalah serangga yang sangat mudah di temui di berbagai tempat. Tapi terkadang mereka memprihatinkan keadaannya karena sudah kecil terkadang terinjak-injak lagi oleh makhluk yang lebih besar dari mereka. Terkadang jengkel juga dengan semut, karena setiap ada makanan yang berserakan aja pasti semut itu mendekati dan memakannya, apalagi makanan itu manis. Tapi ketika mereka menemukan makanan, mereka makannya tidak sendiri, mereka mengajak teman-temannya untuk menggotong makanan itu. Mereka bawa bersama-sama ketempat tinggal mereka. Dan mereka memakannya bersama-sama. Tidak ada yang menyombongkan dirinya dengan apa yang mereka bawa mungkin ada yang lebih besar atau lebih banyak makannya, mereka tetap kompak dan saling berbagi dengan teman-temannya. Nah itulah wujud saling memberi terhadap saudaranya. Mereka tidak lupa ketika mereka menemukan suatu kesenangan.

Pernah ketika saya sedang duduk di teras rumah dan ketika itu ada semut yang sudah mati, entah kenapa matinya tidak tahu. Mungkin terinjak-injak atau kecelakaan lainnya. Tidak lama kemudian tiba-tiba teman semut itu menghampirinya dan membawa temannya yang mati itu pergi dengan mulutnya sendiri. Semut itu berjalan terus dengan keadaan cepat dan mencari teman lainnya. Tiba-tiba datang temannya dan langsung menghampiri untuk membantunya. Itulah wujud kepedulian mereka terhadap teman-temannya. Mereka saling membantu, bekerja sama sesama teman-temannya dan mereka sama-sama saling membutuhkan.

Pernah mencoba menghalangi jalan semut tidak. Pastinya pernah kan. Ketika seekor semut sedang berjalan kita menghalanginya bahkan sampai merusak jalan mereka, akan tetapi mereka itu tidak menyerah mereka terus mencari jalan lain untuk bisa melaluinya, dan ketika kita berusaha lagi untuk merusaknya tapi mereka terus mencari jalan walaupun nyawanya terkadang jadi taruhannya mereka tetap semangat dan tidak menyerah. Nah itu hikmah yang bisa kita ambil dari semut. Mereka tidak akan menyerah walaupun mendapatkan halangan yang menghambat tujuannya.

Jadi kita-kita yang belum seperti itu, ayo kita wujudnya kebersamaan kita, keperdulian kita, kekompakan serta kegotongroyongan kita terhadap saudara kita yang saling membutuhkan. Jangan kalah dengan semut, semut aja bisa kenapa kita tidak. Malu lah mereka hanya seekor hewan kecil yang tidak seberapa tenaganya dengan kita. Tetapi mereka mampu seperti itu dan bahkan terkadang lebih cerdas pemikirannya.

Nah itulah sedikit pelajaran yang saya informasikan. Semoga apa yang saya tulis ini bisa menambah wawasan untuk kita akan pentingnya arti kebersamaan dan wujud kepedulian terhadap sesama.

Leave a Reply