Home >> Celoteh >> Selamat Hari Batik Nasional

Selamat Hari Batik Nasional

Batik adalah kerajinan tangan yang mempunyai nilai seni tinggi dan menjadi bagian budaya Indonesia khususnya daerah jawa. Batik berasal dari kata jawa “amba” yang bermakna menulis dan “nitik” yang bermakna membuat titik. Perempuan-perempuan jawa pada jaman dulu menjadikan keterampilan membatik sebagai mata pencaharian. Dahulu batik itu ditulis/digambar langsung dengan yang namanya “canting” hingga akhirnya dengan teknologi yang semakin canggih akhirnya sampai ditemukan Batik Cap untuk mempermudah dan mempercepat dalam pembuatan.

Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi turun temurun sejak jaman dulu, ada banyak macam dalam batik yang menunjukan arti dari kekeluargaan, status seseorang, sampai saat ini ada motif batik tradisional yang hanya boleh dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta. Batik juga pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang pada waktu itu beliau memakai batik pada Konferensi PBB.

Keunikan yang indah dari batik adalah merupakan salah satu pembentuk karakter bangsa Indonesia yang membedakan kita dengan bangsa lain sehingga bisa menjadi identitas dan jati diri bangsa Indonesia. Hingga pada tanggal 2 Oktober 2009 UNESCO menetepkan bahwa keberadaan batik sebagai identitas dan warisan budaya bangsa Indonesia adalah sebagai warisan dunia. Dan pada tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional.

Batik dijadikan menjadi 2 macam yaitu:

  • Batik Tulis: batik tulis dilakukan sepenuhnya oleh pembatik dengan cara ditulis dari mulai pembuatan pola atau motif, mengisi pola, hingga pewarnaan. Pembuatan batik tulis memakan waktu kurang lebih 3bulan. Dan salah satu ciri-ciri batik tulis yaitu batik tulis ini memiliki aroma khas dari hasil penggunaan malam (lilin) dan proses pewarnaan.
  • Batik Cap: batik cap dibuat dengan menggunakan motif batik yg dalam bentuk stempel atau cap tembaga. Proses batik cap ini adalah cap tembaga diberi malam panas kemudian distempelkan diatas kain polos, dilakukan terus menerus. Batik cap memang tidak memerlukan waktu yang cukup lama yaitu sekitar kurang lebih 3hari karna memang alatnya yang sudah cukup modern.

Batik akhir-akhir ini sudah mulai terancam punah, dan beberapa tahun lalu ada berita kalau batik diambil oleh negara tetangga yaitu Malaysia. Nah kita sebagai warga negara Indonesia, mari lestarikan batik dengan cara apapun, sekarang banyak orang-orang Indonesia yang memproduksi baju, jaket, kaos, dan sebagainya dengan motif batik tapi dengan motif batik modern jadi tidak akan ketinggalan jaman. SELAMAT HARI BATIK NASIONAL!

Leave a Reply