Home >> Wisata >> Kuliner >> Kerak Telor Makanan Khas di Jakarta

Kerak Telor Makanan Khas di Jakarta

Kerak telor makanan khas betawi, pastinya orang Jakarta tau makanan ini. Dengan beras ketan putih yang di campur dengan telur ayam atau telur bebek, ditambah lagi dengan udang kering yang di asinkan (ebi). Makanan ini hanya dapat ditemukan saat event Jakarta dan kelezatannya tidak perlu di ragukan lagi.

Tapi kalian tau gak sih sejarah nya kerak telur?
Menurut sejarah kerak telor sudah ada pada waktu dulu zaman Belanda menjajah Indonesia. Yang mana semua itu hanya berawal dari coba-coba pada puluhan tahun silam, ketika Jakarta masih dipenuhi oleh pohon kelapa. Orang-orang betawi iseng mencampurkan ketan dengan kelapa yang telah diparut dan dicampuri dengan bumbu-bumbu dapur lainnya. Dan pada tahun 1970-an mereka pun mulai mencoba berjualan resep uniknya tersebut di Monas. Dan tidak disangka ternyata laku keras bahkan sampai menjadi ciri khas Betawi.

Membuat kerak telor juga terbilang cukup unik yaitu dengan di atas wajan dibalik menghadap panas nya arang yang terbuat dari anglo. Tidak butuh waktu yang lama, cukup dengan 15menit pun kerak telor siap disantap. Jika ingin menikmati makanan khas Jakarta ini dapat dijumpai dibeberapa tempat seperti Seu Babakan, Jakarta Selatan, Jakarta Timur,Jakarta Utara, Jakarta Utara, Pekan Raya Jakarta, dan daerah sekitar perbatasan Jakarta dan Bogor (Bojong , Citayam).

Leave a Reply