Home >> Agama >> Sebenarnya, Mana Saja Sih Aurat Wanita Itu?
Yuk Menutup Aurat

Sebenarnya, Mana Saja Sih Aurat Wanita Itu?

Mentaati perintah Allah dan menjauhi larangannya merupakan lambang ketaatan pada Allah yang maha kuasa. Jika kita tidak mentaati Peraturan dan tidak menjauhi larangannya, pastilah kita akan mendapat murkanya Allah. Termasuk jika kita tidak Menutup Aurat. Nah, disini saya akan membahas tentang Mana Saja Sih Aurat Wanita Itu?
Ini dalil tentang menutup aurat bagi wanita atau perempuan muslimah:
“ Hai Muhammad, kamu menasehatilah pada orang iman perempuan supaya mereka menjaga pandangannya dan supaya menjaga farjinya atau kemaluannya dan jangan menampakkan aurat mereka kecuali anggota tubuh atau aurat yang di perbolehkan sesuai Quran dan Hadis maksudnya Wajah dan Telapak Tangan. Dan mereka supaya menglembrehkan atau memanjangkan kerudung mereka menutupi dada mereka dan mereka tidak boleh menampakkan auratnya kecuali kepada suami mereka, bapak bapak mereka, mertua mereka, anak laki laki mereka, anak laki laki tiri mereka, saudara saudara laki laki mereka (kakak atau adik kandung), keponakan laki laki dari saudara laki laki mereka, keponakan laki laki dari saudara perempuan mereka, sesama perempuan, kepada budak laki laki mereka, kepada orang laki laki yang sudah tua (tapi dengan catatan laki laki tua itu sudah tidak mempunyai syahwat), dan kepada anak kecil yang belum mengerti aurat perempuan. Dan mereka juga tidak boleh menghentakkan kaki dengan tujuan supaya terlihat perhiasan yang ada di kakinya maksudnya pamer. Dan kalian bertobatlah kepada allah wahai semua orang orang iman supaya kalian menjadi orang orang yang beruntung”- Surat An-Nur 24 ayat 31
Sebenarnya jika di tanya masalah Aurat, Seluruh dari tubuh Wanita atau Perempuan adalah Aurat. Kok Bisa? Kenapa? Iyalah. Dari lekuk lekuk tubuhnya atau bentuk tubuhnya saja jika ada laki laki yang melihat sudah membuat laki laki itu tergoda. Suara wanita sebenarnya juga aurat loh? Kenapa? Laki laki senang atau tergoda mendengar suara merdu dan indah dari perempuan, walaupun laki laki itu belum pernah melihat wajah sebenarnya dari wanita itu. Laki laki juga mudah tergoda meskipun hanya dengan melihat wajah dari wanita itu, walaupun wanita itu sudah berhijab atau berkerudung. Nah loh, kalo gini jadi serba salah dong?
Jadi kesimpulannya adalah Seluruh tubuh wanita itu aurat (dari ujung rambut sampai ujung kaki adalah aurat) kecuali telapak tangan dan kaki. Gampangnya adalah lihatlah orang yang sedang sholat, apa saja yang terlihat? Hanya wajah. Di harapkan di kesehariannya anda berpakaian seperti orang yang sedang solat. Maksudnya hanya wajah dan telapak tangan saja yang kelihatan. Maka dari itu wanita harus memperhatikan cara berpakaiannya yaitu, baju harus panjang menutupi kaki, tumit kaki dan pergelangan tangan. Kerudung harus panjang menutupi dada lebih baik jika bisa sampai bawah dada. Baju atau kerudung tidak boleh ketat atau tembus pandang. Harus longgar dan tebal. Wanita atau perempuan juga tidak boleh memakai wangi wangian saat keluar, misalnya minyak wangi dan sebangsanya. Rambut tidak boleh menyerupai punuk unta, maksudnya adalah rambut tidak boleh di kuncir atau disanggul tinggi tinggi seperti punuk unta. Wanita tidak boleh berhias secara berlebihan dan lain lain.

Leave a Reply