Home >> Wisata >> Naik-Naik Ke Puncak Gunung Bromo Tinggi-Tinggi Sekali Uniknya Gunung Bromo

Naik-Naik Ke Puncak Gunung Bromo Tinggi-Tinggi Sekali Uniknya Gunung Bromo

Gunung Bromo, siapa si yang tidak tahu tentang gunung bromo pasti semua sudah tahu kan. Gunung bromo ini berlokasi dan terletak di Jawa timur. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.392 di atas permukaan laut dan diapit 4 kabupaten diantaranya adalah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Pasuruan. Gunung ini terkenal di mana-mana lo dari luar jawa bahkan sampai ke luar negeri. Gunung ini terkenal dengan keindahan sunrisenya atau matahari terbitnya. Selain itu gunung bromo punya keunikan lo, pasti pada belum tahu ya. Keunikan gunung bromo ini adalah adanya lautan pasir yang berbentuk kaldera yang luas yang berada diatas gunung, keren kan.

Selain keindahan dan keunikannya gunung bromo ini ternyata mempunyai objek wisata yang bisa kita nikmati diantaranya adalah Bukit Teletubies, Savanah Bromo, Lautan Pasir Bromo, Upacara Kasada, Air Terjun Madakaripura dan masih banyak yang lainnya. Waw keren, ternyata banyak ya, kok aku baru tahu sekarang. Padahal dekat dari rumah, dan beberapa kali pernah kesana. Wah betul-betul ketinggalan ini. Berarti liburan harus kesana lagi. Tidak mau ketinggalan donk.
Masih ada keunikan lainnya lagi lo ternyata untuk mencapai kawasan gunung ini kita bisa melewati empat pintu yaitu( Desa Cemorolawang (Probolinggo), Desa Wonokitri (Pasuruan), Desa Ngadas Tumpang (Malang), Desa Burno lumajang). Bingung kan. Banyak para artis atau orang-orang mancanegara yang tidak mau melewatkan kesempatan ini mereka membuat kenangan yang tidak akan terlupakan seperti foto prewedding atau hanya sekedar hobby fotografer seperti model, video klip, mengabadikan pemandangan atau hanya sekedar foto biasa. Pingin kaan, pokoknya tidak akan rugi deh. Jangan kawatir wisata gunung ini sudah memadai dan mempunyai sarana seperti penginapan, hotel, hosmetay, dan transportasi untuk mengunjungi gunung bromo. Jadi kita tidak perlu kemana-mana.Hamparan lautan pasir yang luas dan pemandangan Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Batok bisa kita nikmati, jadi tidak akan rugi berkunjung kesana. Tapi berhati-hatilah jika ada angin kencang disertai dengan pasir itu biasanya mengumpul dan bisa menjadi angin puting beliung.

Biasanya pengunjung seperti orang turis atau orang dari luar jawa untuk mencapai penanjakan menggunakan transportasi seperti mobil jeep, kuda, bahkan ada pula yang nekad berjalan kaki tapi bagi pejalan kaki mereka harus kuat karena medannya pun tidak mudah untuk kita tanjaki. Karena semakin lama jalanannya pun semakin naik pasti akan terasa capek. Jangan kwatir rasa capek itu akan hilang ketika kita sudah naik dengan menikmati pemandangan di puncak dan di temani dengan secangkir teh/kopi serta jajanan ringan yang di jual di sekitar puncak penanjakan terasa sangat lengkap dan tidak akan pernah terlupakan.
Selain menikmati keindahan Gunung Bromo pada hari-hari tertentu ada upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat suku tengger yang terkenal dengan nama upacara kasodo. Upacara ini adalah untuk meminta hasil panen yang melimpah, menolak balak dan kesembuhan atas berbagai penyakit. Upacara ini di lakukan dengan cara memberikan sesajen. Dan ketika upacara berlangsung masyarakat suku tengger berkumpul dengan membawa hasil bumi yang disimpan atau ditempatkan yang bernama ongkek lalu dilemparkan ke kawah Gunung Bromo.
Waktu yang terbaik untuk menikmati wisata gunung bromo adalah ketika musim kemarau karena pengunjung bisa menikmati keindahan panorama gunung bromo yang sempurna.Nah itu tadi sedikit informasi mengenai Wisata Gunung Bromo Yang Terletak Di Jawa Timur. Jika kalian ke Jawa jangan lupa mampir ke sana ya teman-teman.

Leave a Reply