Home >> Rubrik Remaja >> Ayo, Jadikan Problem Sebagai Sahabatmu
Ayo, Jadikan Problem Sebagai Sahabatmu

Ayo, Jadikan Problem Sebagai Sahabatmu

Problem ?? Takut!! Pusing!! atau Bingung!! Haha udah gak jamannya ketika menghadapi masalah lari ke kamar atau pergi ke tempat sepi terus teriak – teriak sendiri sampai nangis atau bahkan berfikir akan mengakhiri hidup. Kebanyakan dari remaja zaman sekarang sering berfikir pendek ketika dia ada masalah dalam hidupnya. Dia akan memendam masalah itu sendiri, tanpa bercerita ke orang tua atau sahabatnya. Dia akan mengutarakan kekesalannya itu lewat sosmed, entah update status di facebook, twitter, atau sosmed yang lain. Sehingga masalah itu bukannya cepat selesai tapi akan membuat masalah itu semakin rumit.

Tau gak sih, kenapa masalah yang diutarakan di sosial media bukannya cepat selesai tapi malah akan membuat masalah semakin rumit ?? karena ketika ada masalah kita hanya butuh tuntunan dan nasehat dari seseorang yang bisa kita percaya sehingga bisa membuat hati kita tenang dan membuat otak kita bisa berfikir lebih jernih lagi. Tapi kalau kita nge-share masalah kita di sosial media dan ada orang yang tidak suka bahkan menganggap kalau kita itu mengumbar aib kita sendiri itu malah akan membuat tambahan beban di fikiran kita. Akibatnya masalah tidak akan cepat selesai bahkan akan menambah masalah dalam diri kita.

Jadi, ketika ada masalah hal pertama yang harus dilakukan adalah menceritakan masalah itu ke orang yang memang bisa menjaga amanat dan tidak memendam masalah itu sendiri. Kemudian berfikir, kalau masalah atau problem pasti akan menimpa pada setia orang yang bernafas. Setelah itu berusaha mengutarakan kata maaf kepada orang yang memiliki problem dengan kita, meskipun itu sepenuhnya bukan kesalahan dari kita. Karena kata maaf itulah yang akan menjadi obat paling ampuh untuk menyelesaikan sebuah masalah.

Masalah atau problem itu sendiri biasanya akan menimpa pada seseorang yang usianya sudah mulai menginjak remaja. Dan masalah itu pasti tidak jauh – jauh dari hal percintaan dan kesetia kawanan. Wajarlah, usia labil pasti akan muncul masalah yang aneh – aneh dan terkadang masalah itu akan terdengar agak lucu di telinga kita. Tapi sebenarnya di balik masalah itu sendiri ada hikmah yang sangat besar yang bisa kita ambil karena masalahlah yang bisa membuat seseorang menjadi lebih dewasa lagi.

Nah, itu sedikit tentang problem anak remaja. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya ya 😀

Leave a Reply