Home >> Celoteh >> Hidup Sehat di Lingkungan Sehat

Hidup Sehat di Lingkungan Sehat

Lingkungan sehat adalah lingkungan yang bebas dari pencemaran. Pencemaran udara, zat kimia, limbah padat dan gas, polusi suara yang berlebihan, hewan-hewan pembawa bibit penyakit yang mengakibatkan gangguan kesehatan, dan masih banyak lagi pencemaran yang mengakibatkan lingkungan menjadi tidak bersih. Kesehatan seseorang juga di pengaruhi oleh lingkungan sekitar, jika lingkungan bersih maka orang tersebut akan sehat. Jika lingkungan kotor maka orang tersebut mudah terserang penyakit. Sudah banyak contohnya, salah satunya yaitu; gangguan pencernaan. Aspek-aspek yang perlu di perhatikan untuk menerapkan Lingkungan Bersih:

  1. Air bersih

Kita jelas tidak bisa lepas dari air, karena air merupakan sumber kehidupan, karena sepertiga dari tubuh kita berasal dari air, jika tidak ada air, hidup kita tidak akan bertahan lama. Tidak sembarang air yang dapat kita gunakan, hanya air bersih saja. Air yang terhindar dari pencemaran limbah, zat kimia dan lain-lain. Ciri-ciri air bersih di antara lain:

  1. Tidak berbau
  2. Tidak berwarna
  3. Tidak berasa
  4. Tidak mengandung zat kimia
  5. Makanan dan minuman yang sehat

Jika makanan yang kita konsumsi sehat jelas kita akan terhindar dari penyakit, tidak harus mewah yang terpenting nutrisi dan gizi. Makan makanan yang seimbang, seperti 4 sehat 5 sempurna. Jangan jajan di pinggir jalan yang sekiranya tempat itu kotor, lihatlah tanggal kadaluwarsa jika membeli makanan dalam kemasan.

  1. Pengelolaan limbah air

Setelah kita menggunakan air jelas air itu akan terbuang, kita harus memikirkan air itu akan kemana, tidak mungkin kita membiarkan air itu tergenang begitu saja, itu jelas akan menimbulkan bibit penyakit. Usahakan air itu di alirkan ke tempat yang semestinya.

  1. Pembuangan sampah

Sampah dibagi menjadi dua yaitu, sampah organik dan anorganik. Sampah organik adalah sampah yang berasal dari dedaunan, sayur-sayuran, buah-buahan, sisa makanan atau sisa makluk hidup. Sampah ini di olah atau tidak, tidak masalah karena akan membusuk dengan sendirinya

Berbeda dengan sampah anorganik. Sampah anorganik tidak bisa membusuk, seperti: kaleng, kaca, besi dan lain-lain

Karena memiliki sifat yang berbeda maka cara mengatasinya pun berbeda.

  1. Membasmi serangga

Serangga adalah penular penyakit paling banyak. Banyak serangga yang bisa kita temukan di dalam rumah kita atau di luar rumah kita, yang dapat membawa bibit penyakit.

  1. Ketersediaan fasilitas MCK yang layak

Mandi, cuci, buang air adalah suatu kebutuhan bagi manusia. Ketiganya jelas membutuhkan fasilitas yang layak dan tidak bisa di abaikan. Fasilitas MCK yang baik meliputi, tersedianya air bersih yang selalu berganti-ganti atau paling tidak ada bak yang menampung air serta pembuangan yang baik.

  1. Hindari pencemaran udara

Udara sama halnya dengan air, merupakan kebutuhan terpenting makhluk hidup. Lingkungan sehat ditandai dengan udara yang bersih, jika udara tidak bersih itu menandakan bahwa daerah tersebut tidak sehat dan dapat menimbulkan penyakit pernafasan.

Leave a Reply