Home >> Wisata >> Kuliner >> Jamu Gendong Khas Sukoharjo
Jamu Gendong Khas Sukoharjo

Jamu Gendong Khas Sukoharjo

Sukoharjo adalah salah salah satu nama Kabupaten yang berada di Jawa Tengah. Kabupaten ini tidak jauh dari Surakarta dan terletak di tempat yang strategis sehingga menjadikan daerah Sukoharjo ini ramai dikunjungi orang. Daerah ini terkenal dengan daerah yang nyaman, asri, dan penduduknya yang ramah – ramah.

Sukoharjo juga terkenal dengan sebutan Sukoharjo Makmur dan ternyata kata Makmur ini memiliki kepanjangan dari Maju Aman Konstitusional Maju Unggul Rapi. Selain itu Sukoharjo juga terkenal dengan beberapa tempat wisata, kuliner, pertanian, kerajinan dan juga sangat terkenal dengan produksi jamunya.

Sejak dulu Sukoharjo memang sudah terkenal dengan produksi jamunya karena banyak di daerah ini yang memproduksi jamu. Salah satu tempat yang sangat terkenal dengan penghasil jamu di Sukoharjo adalah di Kampung Jamu, Desa Nguter. Saking terkenalnya desa ini dengan penghasil jamu gendong, sampai – sampai warga setempat membuat patung Jamu Gendong dengan ukuran besar yang diletakkan di depan pintu masuk Desa Nguter. Patung yang masih berdiri kokoh dengan ukuran 1,6 meter ini sekarang telah menjadi ikon Kabupaten Sukoharjo yang berslogan makmur.

Di Desa Nguter terdapat sebuah pasar yang dulunya hanya pasar tradisional biasa dan sekarang telah menjadi pasar pertama di Indonesia yang khusus menjual jamu – jamu tradisional, pasar itu diberi nama Pasar Nguter. Pasar ini baru di resmikan pada tahun 2013 dan terdapat 158 kios yang khusus menjual jamu tradisional.

Jamu adalah obat tradisional yang terkenal di Indonesia atau biasanya orang menyebut sebagai obat herbal. Jamu dibuat dari bahan – bahan alami seperti akar tumbuhan, daun – daun, batang, dan buah, kemudian diracik menjadi serbuk jamu atau minuman jamu. Biasanya telur ayam kampung juga menjadi bahan campuran pada jamu gendong. Terkadang jamu juga di tambahkan sedikit madu yang tujuannya agar tidak terlalu pahit ketika di minum.

Warisan turun – temurun di Indonesia atau jamu yang terkenal sangat murah dan rasanya yang kurang enak ini, ternyata memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Salah satu manfaat jamu bagi kesehatan antara lain bisa untuk mengatasi nyeri dan linu, mengatasi batuk, mencegah sariawan, mencegah nyeri pada perut akibat haid, pusing, gatal, perut kembung dan masih banyak lagi manfaat yang lain. Adapun untuk kecantikan jamu bisa membuat kulit lebih kencang dan kuat, bisa untuk mencegah jerawat dan juga bisa untuk mencegah bau badan.

Namun di samping khasiat jamu yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, ternyata jamu juga memiliki efek samping yang bisa membahayakan kesehatan apabila di konsumusi terus menerus dengan jumlah yang banyak. Efek sampingnya yaitu bisa mengakibatkan sakit ginjal, pengeroposan tulang, pendarahan usus, darah tinggi, jantung berdebar, dan resiko bagi ibu hamil dan ibu menyusui.

Nah, itu sedikit info tentang jamu. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya ya 😀

Leave a Reply