Home >> Celoteh >> Menjaga Kelestarian Hutan

Menjaga Kelestarian Hutan

Hutan merupakan anugerah Tuhan yang harus di jaga. Hutan sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Hutan memiliki berbagai manfaat untuk kelangsungan hidup. Hutan memiki berbagai manfaat diantaranya dapat menyimpan banyak air, selain itu hutan dapat membantu sirkulasi dan metabolisme. Namun kenyataan apa, malah banyak manusia yang tidak memperdulikannya dan merusaknya begitu saja tanpa di pertanggung jawabkan, tanpa dilestarikan kembali.

Pembabatan liar dan penebangan pohon tanpa disertai penanaman kembali merupakan contoh nyata perilaku manusia yang kurang memperhatikan kelestarian hutan. Padahal hutan sebagai paru-paru dunia yang akan mengurangi pemanasan di bumi, mengurangi kekeringan saat musim panas, dan mengurangi resiko longsor saat musim hujan. Sudah diketahui bahwa masalah rusaknya hutan itu berasal dari manusia yang terlalu berlebihan dalam memanfaatkannya tanpa di lihat bahaya atau resiko nantinya.

Begitupun pembukaan lahan baru mengakibatkan banyaknya hutan yang dirusak. Rusakanya hutan dapat mengakibatkan rusaknya ekonomi yang ada di hutan tersebut bahkan penghuni hutan pun merasa terancam hidupnya, seperti hewan dan tumbuhan. Padahal mereka semua makhluk hidup yang harus di lindungi bukan malah di rusak. Bahkan pemburuan terhadap satwa liar pun kerap dilakukan oleh sebagian manusia. Padahal pemburuan tersebut mengakibatkan satwa dan sumber daya yang ada di hutan tersebut akan punah. Ulah manusia tersebut tidak baik untuk di teruskan harus ada yang membina agar masalah tersebut tidak terjadi atau terulang kembali. Maka dari itu mari kita jaga dan lestarikan hutan kita dengan cari sebagai berikut :
1. Reboisasi
Reboisasi adalah penanaman kembali hutan-hutan yang sudah rusak, sehingga hutan akan tetap terjaga kelestarian dan keberadaannya.
2. Menerapkan Sistem Tebang Pilih
Sistem ini sangat berguna agar tidak sembarangan menebang hutan
3. Menerapkan Sistem Tebang Tanam
Tebang tanam ini dilakukan setelah menebang pohon dianjurkan untuk ditanam kembali agar keberadaan hutan tetap terjaga.
4. Melakukan Penebangan Secara Konservatif
Sistem penebangan ini dilakukan untuk pohon yang sudah tua atau tidak berproduktif lagi agar tidak salah pilih. Jangan yang pohon masih muda atau berproduktif yang malah di tebang.
5. Penerapkan Larangan Penebangan Hutan Secara Sewenang-wenang.
Selain masyarakat yang melestarikan hutan pemerintah juga harus ikut andal dalam pelestarian hutan. Pemerintah harus memberikan sanksi terhadap orang yang merusak kelestarian hutan agar mereka sadar, jera dan tidak melakukannya kembali.

Melestarikan hutan sangatlah penting bagi hidup kita. Karena hutan adalah sumber daya alam bagi kelangsungan hidup kita. Jika hutan rusak maka akan berdampak buruk bagi kehidupan kita nantinya. Maka dari itu kita harus menjaga dan merawat kelestarian hutan kita. Nah berdasarkan pemberitahuan tersebut memberikan informasi bahwa pentingnya menjaga kelestarian hutan.

Leave a Reply