Home >> Wisata >> The Sea of Paradise, Bunaken Island
the sea of paradise

The Sea of Paradise, Bunaken Island

Pernahkah anda mendengar pulau Bunaken? Atau Taman Laut Nasional Bunaken? Pulau Bunaken atau Taman Laut Nasional Bunaken ini terletak di Manado, Sulawesi Utara, Indonesia. Taman Laut Nasional Bunaken ini sangat terkenal karena menjadi Tempat Terbaik di Dunia untuk Diving. Selain itu Taman Laut Nasional Bunaken juga memenangkan kompetisi “Global Tourism Award”. Uniknya Taman Laut Nasional Bunaken juga terletak di Segitiga Emas terumbu karang dunia. Taman Laut Nasional Bunaken ini adalah salah satu situs wisata terbaik di Indonesia dan pada tahun 2005, Taman Nasional Bunaken ini di daftarkan oleh indonesia kepada UNESCO agar menjadi salah satu Situs Warisan Dunia.
Sekitar 390 spesies terumbu karang bertempat tinggal di taman laut nasional ini, dan kebetulan salah satu dari terumbu karang terbaik di dunia terdapat di taman laut nasional Bunaken ini. Disini juga terdapat mollusca, burung, mamalia laut, reptil dan lebih dari 3000 spesies ikan. Konon katanya, hanya di Taman Laut Nasional Bunaken inilah kita bisa menjumpai banyak ikan Barakuda langka. Taman laut nasional bunaken juga memiliki beberapa spesies hewan darat seperti rusa dan kuskus. Taman laut nasional ini juga memiliki hutan mangrove yang menjadi tempat tinggal bagi lobster, kepiting, burung laut dan mollusca.
Taman Laut Nasional Bunaken memiliki luas sekitar 890.65 km² dan resmi didirikan pada tahun 1991 oleh menteri kehutanan Republik Indonesia. Taman Laut Nasional Bunaken ini pertama kali di temukan oleh kelompok penyelam tertua di dunia pada tahun 1975. 97% Taman Laut Nasional Bunaken ini merupakan habitat laut dan 3% nya mencakup daratan yang meliputi 5 pulau yaitu pulau Bunaken, Manado Tua, Nain, Siladen, Mantehage, dan bagian dari Arakan Wowontulap.
Karena di taman laut nasional Bunaken ini merupakan salah satu tempat Diving terbaik di dunia, banyak pelancong dari dalam negeri maupun luar negeri berbondong bondong datang kemari. Jika anda tidak ingin Diving, jangan khawatir karena anda bisa berkeliling dengan cara menyewa perahu kaca. Disini anda juga bisa snorkling, tamasya dan berjemur.
Jika anda tertarik untuk mengunjungi Taman Laut Nasional Bunaken ini, Waktu terbaik untuk anda berkunjung ke Taman Laut Nasional Bunaken ini yaitu antara bulan Mei hingga Agustus. Selamat Berkunjung

Leave a Reply