Home >> Celoteh >> Indahnya Bersama Keluarga Disaat Merindukannya

Indahnya Bersama Keluarga Disaat Merindukannya

Saat kita sedang jauh dengan orang tua. Rasa rindu terhadapa mereka akan sangat besar. Itulah yang sedang di rasakan anak Gading. Tidak sedikit dari mereka yang menangis saat mulai menjalani kehidupan mereka di Gading tanpa keluarga.

Terkadang mereka menangis saat sedang mandi. Ada pula yang nangis massal di karam mereka. Saya pernah menjumpainya. Seminggu mereka telah mandiri di Gading, saat itu terdengar suara nangis. Anehnya mengapa suara tangisannya berbeda – beda? Ternyata anak kamar depan saya sedang menangis massal. Wajarlah, karena mereka masih 7 SMP dan dikatakan masih kecil untuk ditinggal orang tua mereka.

Moment yang sering ditunggu – tunggu oleh para santri pondok Gading Mangu adalah saat lebaran. Mengapa tidak, saat itulah mereka bias balik ke rumah mereka masing – masing. Ada yang pergi ke daerah Jawa, ada yng pulang ke Bali, ada yang ulang ke Sulawesi, ada yang pulang ke Kalimantan, dan lain – lain.

Setelah berbulan – bulan mereka tidak bertemu keluarga. Hanya saat Liburan semesterlah mereka bias pulang. Itulah sebabnya kita sangat merindukan mereka yang sedang mengunggu di rumah.

Tapi tidak jarang juga ada yang sedang tes. Bagi yang tes saat lebaran akan merasakan kesan tersendiri. Meskipun mereka tidak bersam dengan keluarga mereka, tapi saat mereka tes Kediri atau Kertosono, akan mendapatkan kesan tersendiri. Itulah kata teman – teman say yang pernah merasakan lebaran saat tes – tesan. Mereka mengatakan enak – enak saja kok, cobalah rasain sendiri. Kalau saya sih berharap, jangan lah.

Ada pula yang pulang ke rumahnya H-5 sebelum lebaran. Ada pula yang belum pulang ke rumahnya saat lebaran. Biasanya karena factor tempat tinggal mereka yang jauh, seperti di Papua, Sulawesi, Maluku, dan lain – lain.

Disaat para santri pulang, menikmati puasa bersama keluarga. Saat – saat itulah ada pengajian asrama, biasanya yang mereka kaji adalah Al-Quran. Saya pernah mencoba untuk mengikuti asrama. Menurut saya, enak – enak aja kok. Hal seperti itu biasanya tergantung dengan dianya yang menjalaninya seperti apa. Hanya saja, Gading akn menjadi Kota Mati.

Leave a Reply