Home >> Wisata >> Serunya Berkeliling di Pasar Maling Roma Malang
Serunya Berkeliling di Pasar Maling Roma Malang

Serunya Berkeliling di Pasar Maling Roma Malang

Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Pasar biasanya mulai banyak di kunjungi pembeli ketika pagi hari sampai siang hari. Mungkin nama pasar juga sudah sangat familiar ketika di dengar terutama bagi kaum wanita. Tapi di Malang ada pasar yang berbeda dengan pasar – pasar lainnya, pasar yang hanya buka ketika malam hari dan kebanyakan dikunjungi oleh remaja laki-laki. Pasar itu biasanya di juluki dengan nama Pasar Maling atau ROMA.

Ketika mendengar kata Roma pasti kita akan membayangkan sebuah kota yang sangat indah yang ada di Italia. Namun ketika kita berkeliling Malang di waktu malam hari nama Roma mungkin tidak asing di telinga kebanyakan orang terutama untuk warga Malang itu sendiri. Berbeda dengan Roma yang ada di Italia, Roma di Malang memiliki singkatan yaitu “Rombengan Malam” atau orang Malang menyebutnya “Pasar Maling”.

Pasar Maling atau Roma terletak di Jalan Gatot Subroto, Malang. Tidak seperti pasar pada umumnya, pasar ini biasanya buka mulai pukul 20.00 sampai 22.00, ketika pasar ini sudah dibuka sepanjang trotoar di Jalan Gatot Subroto akan berubah menjadi sebuah pasar. Namun penjual di pasar ini menjual barang dagangannya dengan menggelar tikar di depan toko – toko yang sudah tutup ketika malam hari.

Pasar ini menjual barang dagangan mulai dari baju, tas, sepatu, sampai barang elektronik pun juga ada. Di pasar ini tidak hanya menjual barang – barang bekas saja tapi barang yang masih baru pun juga ada. Harga di pasar ini juga terbilang sangat murah, karena di pasar ini tidak di kenakan pajak sedikitpun dari pemerintah. Namun di pasar ini pembeli harus pintar – pintar menawar sampai setengah harga yang ditawarkan oleh penjual, karena harga di pasar ini bisa turun drastis setelah di tawar. Tapi bagi pembeli yang sudah biasa membeli di pasar ini akan sangat sulit di tipu karena mereka sudah mengerti aturan main di pasar maling atau roma.

Banyak dari orang yang berpendapat kalau di pasar maling ini semua barang yang dijual adalah hasil dari mencuri. Mereka berpendapat seperti itu karena faktor dari nama pasar itu sendiri. Padahal, tidak semua dari barang yang di jual adalah hasil dari curian. Ya meskipun ada dari penjual yang mengaku kalau barang yang dia jual sebagian memang ada yang berasal dari hasil mencuri, tapi ada juga penjual yang mengaku kalau barang yang dia jual itu benar – benar masih baru dan bukan hasil dari mencuri.

Nah, itulah sedikit info tentang pasar maling atau roma. Jangan lupa share dan baca artikel lainnya ya 😀

Leave a Reply