Home >> Wisata >> Gading, Kota Santri Modern

Gading, Kota Santri Modern

Jombang sering disebut sebagai Kota Santri. Salah satunya adalah Gading. Gading sering disebut sebagai Kota Sntri Modern. Meskipun sekitar situ adalah desa. Tapi Gading bukanlah desa layaknya desa biasa. Gading seperti kota didalam desa. Gading terletak di desa Gading Mangu, Perak, Jombang, Jawa Timur, Indonesia. Gading ini berlokasi kira – kira 400 meter ke Utara Pasar Jeruk, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang.

Di sana tidak hanya orang Gading. Tetapi juga orang luar Gading bahkan luar Jawa. Biasanya mereka yang datang ke Gading ingin mengejar ke mubaligh/ghot mereka. Dan di samping mereka mengjar akhirotnya, mereka juga bersekolah untuk mencari kehidupan dunianya.

Sekolah di Gading bernama Budi Utomo. Eitss.. tapi Budi Utomo Gading alias BU berbeda dari BU di luar. Diluar Gading Budi Utomo biasanya untuk siswa siswi yang tidak diterima di negeri, terkadang pula karena mereka tergolong anak yang bandel. Tetapi berbeda dengan siswa siswi Budi Utomo di Gading. Tidak sedikit dari mereka yang sebenarnya diterima di sekolah negeri di tempat mereka. Banyak pula dari mereka yang memang cerdas.

Tapi mereka meninggalkan sekolah negeri yang diidamkan anak seusianya hanya karena ingin sekolah di Gading. Mereka ingin mengejar akhirot mereka. Agar kelak bias memberikan mahkota untuk kedua orang tua mereka, ingin membuat jamaah berkembang. Bias faham bersama, bias masuk surge bersama selamat dari neraka.

Sekolah yang disediakan Budi Utomo ialah SMP, SMA, dan SMK. Saya termasuk murid SMK. Alasan saya memilih SMK karena bidang yang saya pilih, saya menyukainya. Letak YPBU berada mengelilingi Masjid Luhur Nur-Hasan. Masjid yang terkenal dengan 5 menaranya.

Jumlah santri Pondok Pesantren Gading Mangu kurang lebih ada 3.5000 siswa, yaitu 1950 santri putra dan 1550 santri putri. Jika hanya anak pondoknya saja kira – kira 500 santri putrid dan 600 santri putra. Jika dilihat dari sekolah, kira – kira 1139 muris SMA BU, 917 murid SMK BU, dan 06 murid SMP BU.

Leave a Reply