Home >> Inspirasi & Motivasi >> Mulutmu Harimaumu

Mulutmu Harimaumu

Mungkin sebagian orang berfikir “Ini aku, apa yang akan aku lakukan, itu urusanku, urus aja urusanmu sendiri.” Jika kamu berfikiran seperti itu memang tidak salah. Tapi pikirkan juga sisi lain dari pikiran kamu itu, pikirkan juga orang lain disekitarmu. Ucapanmu itu juga menggambarkan karakteristikmu. Makanya ada yang bilang ‘Mulutmu Harimaumu.’ Jika kamu berfikir seperti itu maka kamu termasuk orang yang “selfish”.

Selfish artinya mementingkan diri sendiri. Semua orang pasti pernah melakukan yang namanya mementingkan diri sendiri. Entah itu tentang suatu urusan sekolah, lingkungan, makanan, dll. Tapi kita tidak menyadari bahwa yang kita lakukan itu terkadang salah. Dan setelah kita menyadari bahwa perbuatan yang kita lakukan itu salah, kita hanya berfikir “iyasudahlah, toh juga orangnya gak marah.” Itu salah besar. Mungkin kita merasa seperti itu, tapi belum tentu orang kita buat salah itu berfikir demikian.

Cobalah berfikir tentang kepentingan orang lain juga. Seandainya kamu bertemu orang yang selfish, gimana parasaan kamu? Kemungkinan kamu akan berfikir “ih. Tu orang selfish banget sih, emang dia hidup didunia ini sendiri?” kamu akan merasa kesal juga kan.

Maka dari itu, cobalah lakukan apa yang orang lain pikirkan. Mungkin saja dengan kita melakukannya kita akan meras hidup itu berwarna. Tapi jika kita hanya melakukan apa yang kita kehendaki, tidak berfikir itu benar atau salah, tidak berfikir resikonya untuk diri sendiri dan orang lain. Maka perbuatan kita akan sia-sia saja.

Selfish hampir mirip dengan keras kepala. Orang yang keras kepala setelah melakukan perbuatannya dan itu salah, dia akan menyesal. Tetapi, orang yang selfish setelah melakukan perbuatannya, dan itu salah. Dia tidak akan menyadarinya, karna dia tidak mengeteahui itu salah, dibenaknya berfikir bahwa apa yang dilakukan itu benar. Biasanya orang lebih membenci orang yang mementingkan diri sendiri daripada orang yang keras kepala.

Eits.. Tapi bukan berarti orang yang mementingkan dirinya selalu demikian. Terkadang dia juga berbuat sangat baik. Karna yang dia pikirkan diri sendiri, terkadang orang lain juga terlibat didalamnya dan menguntungkan orang lain juga. Tetapi tetap saja selfish itu tidak baik.

So, koreksilah dirimu sendiri dari sekarang. Apakah saya orang yang selfish?

Terima Kasih dan sampai jumpa pada artikel saya berikutnya

Leave a Reply