Home >> Celoteh >> Hijaber Juga Bisa Travelling
Hijaber Juga Bisa Travelling

Hijaber Juga Bisa Travelling

Seorang muslimah travelling keliling dunia, atau mungkin hiking ke gunung tertinggi, bahkan keluar angkasa sebagai seorang astronot. Kenapa tidak ? Kalau kalian punya keinginan dan mimpi yang kuat, kalian juga bisa mewujudkannya. Malu karena kain yang menutupi rambutmu ? Takut jadi tontonan dan bahan ejekan ? Minder ? Buang semua pikiran negatif kalian ! Pikiran-pikiran tersebut hanya akan menghambat kalian untuk mewujudkan mimpi kalian.
Hijab bukan penghambat dalam mewujudkan mimpi. Persepsi kalianlah yang menghambatnya. Pemikiran-pemikiran kalau hijabers tidak bisa travelling itu salah besar. Malah, hijab akan melindungi kalian dari lirikan-lirikan dan siulan-siulan para pria nakal. Orang-orang bahkan yang di luar negeri juga akan lebih menghormati orang yang memakai hijab. Karena, mereka berfikir orang yang berhijab itu sopan dan santun, terlihat dari pakaiannya yang tertutup.
Tidak perlu minder untuk travelling ke luar negeri hanya karena hijab. Sekarang juga banyak para hijabers fashionable yang sering travelling ke luar negeri. Liat saja Asma Nadia yang sudah mengelilingi 59 Negara dan 270 Kota, Dian Pelangi yang memperkenalkan fashion hijab ke seluruh dunia, Herna Hadayati yang sudah keliling 3 Negara hanya dengan dana sekitar 1,5 Juta, dan para hijab travellers lainnya.
Tapi ingat ! kalau kamu mau travelling jangan lupa beberapa hal ini :
1.) Pakailah pakaian yang nyaman di badan kalian. Jangan pakai pakaian yang terlalu ribet. Pakailah pakaian berbahan katun untuk menyerap keringat. Untuk hijab kalian bisa memakai hijab langsungan atau segi empat yang simple. Memilih warna pakaian juga termasuk dalam perhitungan. Sesuaikan warna pakaian dengan keadaan sekitar. Misalnya kamu sedang travelling ke tempat yang panas, maka jangan memilih warna pakaian atau hijab yang gelap. Tapi jangan lupa untuk tetap menjaga aurot !
2.) Searching keadaan tempat yang akan kalian explore. Mengetahui cuaca tempat tersebut juga penting untuk menyesuaikan pakaian yang akan dibawa. Cari tau juga tentang makanan-makanan yang ada disana. Jangan sampai kalian makan makanan yang haram. Contoh jika kalian ingin pergi ke Tahiland. Sebelum berangkat, catat restoran-restoran yang menyediakan makanan halal. Kamu juga bisa mempelajari bahasa Thailand yang mempunyai arti daging babi atau anjing jadi kalau melihat restoran yang ada tulisan itu kalian tidak perlu masuk.
3.) Bawa makanan ringan atau snack yang sudah terjamin kehalalannya. Saat travelling kalian pasti suka membeli makanan yang unik di pinggir jalan. Padahal kalian tidak tau makanan itu baik atau tidak. karena itu kalian bisa mengurangi resiko makan makanan yang tidak baik dan tidak halal dengan ini. Cara ini juga bisa menghemat uang kalian. Jangan lupa untuk tetap minum air putih yang cukup. Travelling akan membuat kalian lelah dan mengeluarkan banyak keringat. Jangan sampai hanya karena keasikan melihat pemandangan kalian sampai lupa minum.
4.) Sholat yang utama ! jangan sampai kalian melupakan urusan ibadah. Cari tau tentang mesjid-mesjid terdekat terlebih dahulu sebelum berangkat ke tempat tujuan. Jika di daerah itu kalian tidak menemukan mesjid, kalian bisa sholat di hotel. Saat ini ada aplikasi unik untuk menunjukkan arah kiblat. Dengan ini ibadah kamu akan tetap lancar.
Karena itu, setelah membaca artikel tentang Hijabers Juga Bisa Travelling, kalian tidak perlu ragu atau takut untuk memakai hijab. Kalian adalah seorang muslimah, hijab adalah kewajiban kalian. Jangan pernah berfikiran untuk melepas hijab dari kepala kalian. Teruslah berkarya para muslimah !

Leave a Reply