Home >> Tekno >> Bahaya Menggunakan Headset atau Earphone

Bahaya Menggunakan Headset atau Earphone

Headset atau earphone merupakan alat yang biasa digunakan untuk mendengarkan musik. Dengan menggunakannya musik akan terasa lebih jelas untuk kita dengarkan. Namun  perlu diwaspadai jika menggunakan earphone secara berlebihan, karena akan menimbulkan efek negatif pada telinga dan otak. Menggunakan headset selama lima jam lebih dalam seminggu dengan tingkat yang tinggi atau melebihi batas normal atau dalam jangka panjang bisa bahaya.

Bisa merusak telinga secara permanen. Hal ini bisa terjadi jika telinga sudah tidak kuat dalam beban suara yang keras dari headset yang langsung terhubung dengan telinga. Biasanya, hal ini akan terjadi pada mereka yang berusia muda atau remaja, khususnya bagi yang menggunakan earphone dengan tingkat suara yang tinggi.

Bisa berpengaruh buruk terhadap otak. Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan dari headset dapat mengganggu kinerja pada otak. Walaupun belum terbukti kuat namun dugaan akan kebenarannya mengenai pemakaian earphone yang dapat mengganggu kinerja otak.

Bisa menyebabkan tuli. Telinga manusia memiliki tingkat volume tersendiri, apabila telingga seseorang telah melebihi batas normal tingakat volume suara maka bisa menyebabkan terganggunya sel-sel rambut yang berfungsi sebagai penangkap frekuensi suara. Maka tanpa disadari akan mengakibatkan menurunnya kemampuan mendengar atau bahkan dalam jangka panjang bisa menyebabkan tuli.

Headset atau earphone baik digunakan dengan tidak melebihi batas. Memang penggunaan headset atau headset digunakan ketika keadaan ruangan sedang ramai atau ingin mendengarkan musik lebih jelas. Namun perlu di ingat ketika anda sudah merasa cukup lama dalam mendengarkan lebih baik anda melepas headset untuk sementara. Selain itu juga perlu diperhatikan tingkat volume untuk suara tingkat ringan orang dewasa sekitar 25 sampai 40 desibel, untuk anak-anak sekitar 20 sampai 40 desibel. Biasanya pada smartphone sudah terdapat peringatan jika mendengarkan volume terlalu tinggi.

Jadi mulai sekarang pakai lah headset atau earphone jangan dalam jangka panjang, dalam artian jangan terlalu sering dan volume tidak boleh melebihi batas normal.

Leave a Reply