Home >> Properti >> Rumah Minimalis Idaman Masyarakat Modern
Rumah Minimalis

Rumah Minimalis Idaman Masyarakat Modern

Sebelum sesorang memutuskan untuk mendirikan sebuah rumah dengan konsep minimalis, akan lebih bijak jika dia tau apa dan bagaimana definisi dan konsep dari rumah minimalis tersebut. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah rumah yang akan dibangun kelak benar-benar merupakan rumah yang bergaya minimalis.

Terdapat dua sudut pandang yang menjelaskan mengenai definisi dari konsep rumah minimalis. Sudut pandang tersebut terbagi atas sudut pandang interior dan eksterior. Ditinjau dari sudut pandang interior, rumah bergaya minimalis mempunyai konsep sebuah rumah yang tidak rumit namun menekankan pada kenyamanan bagi penghuni rumah.

Rumah minimalis dilihat dari sisi interior mempunyai dua keunggulan. Pertama, ornamen yang terdapat di dalam rumah tergolong ornamen yang tidak rumit. Hal ini ditunjukkan oleh tidak adanya ornamen berupa ukiran di dalam rumah dengan gaya minimalis. Kedua, ruangan di dalam rumah bergaya minimalis bersifat terbuka. Di dalamnya tidak terdapat banyak sekat di antara ruang-ruangannya. Apabila ada sekat, sekat tersebut juga berupa furnitur yang bisa dipindahkan sewaktu-waktu.

Jika ditinjau dari sudut pandang eksterior, rumah minimalis mempunyai karakteristik yang berbeda dari rumah-rumah pada umumnya. Rumah dengan gaya minimalis memiliki bentuk dan garis geometri yang sangat tegas jika dilihat dengan seksama. Dalam model rumah ini garis merupakan elemen yang sangat dominan dalam pendiriannya. Sisi eksterior rumah didominasi oleh garis vertikal dan horizontal. Jenis garis ini pun sering diulang dalam desain rumah bernuansa minimalis.

Kesan eksterior dari rumah minimalis selalu terlihat lebar. Walau pada dasarnya rumah dengan nuansa minimalis dibangun di atas tanah atau lahan sempit, kesan lebar dapat diperlihatkan dari sisi eksterior. Hal ini terjadi karena adanya beberapa desain yang snagat mendukung. Sebagai contoh, penggunaan desain jendela yang lebar akan memberikan kesan sebuah rumah menjadi lebar dan luas.

Selain itu, penghuni rumah minimalis akan merasa rumah huniannya sangat longgar hampir di setiap sudut di dalam rumahnya. Hal ini dikarenakan adanya sinar matahari yang masuk sampai ke dalam ruangan di dalam rumah. Rumah bernuansa minimalis biasanya juga mengaplikasikan atap rumah dengan gaya datar atau hampir datar. Hal ini dimaksudkan karena rumah dengan gaya minimalis lebih menekankan pada aspek kesederhanaan.

Rumah Minimalis dengan Berbagai Desain Tentangnya

Desain rumah minimalis terbagi atas beberapa tipe. Tipe-tipe tersebut seperti rumah tipr 36, 70, 72, dan 45. Tipe tersebut juga dibagi dalam skala rumah lantai satu dan rumah lantai dua. Berbagai tipe rumah bernuansa minimalis ini nantinya dapat kita gunakan sebagai inspirasi ide yang bisa kita aplikasikan pada sebidang tanah atau lahan yang akan kita gunakan untuk membangun rumah.

Pengaplikasian dari beberapa tipe rumah minimalis ini harus kita sesuaikan dengan lahan kita. sebuah perencanaan yang matang akan menghasilkan sebuah bangunan rumah yang menjadi impian ada menjadi nyata. Sebuah lahan yang sempit pun dapat kita maksimalkan untuk membangun rumah dengan nuansa minimalis dua lantai.

Sebuah desain rumah minimalis selalu mengedepankan gaya yang simpel namun modern dan juga sederhana. Selain itu, dari segi anggaran dana pun juga terbilang tidak terlalu mahal seperti membuat rumah dengan gaya konvensional. Ciri lain dari konsep rumah bergaya minimalis adalah mempunyai teras rumah yang simpel dengan gaya atap yang sangat menonjolkan sifat keeleganan.

 

Leave a Reply