Home >> Tekno >> Inilah Dampak Terlalu Lama Didepan Komputer
Inilah Dampak Terlalu Lama Didepan Komputer

Inilah Dampak Terlalu Lama Didepan Komputer

Pekerjaan kalian mengharuskan berada di depan komputer dalam jangka waktu yang lama ? Atau mungkin kalian adalah seorang gamers yang jika sudah di depan komputer akan asik hingga lupa sudah berapa jam kalian berada disitu ? Komputer atau laptop adalah salah satu alat komunikasi yang mempunyai manfaat, tapi komputer juga mempunyai banyak dampak negatifnya. Apalagi terlalu lama menghadap layar komputer.
Terlalu lama berada depan komputer memang tidak baik. Tubuh kalian menjadi jarang bergerak dan tubuh menjadi mudah terserang penyakit. Terkadang mata juga terasa lelah dan perih jika sudah terlalu lama melihat monitor komputer. Jika sudah seperti ini kalian harus melakukan cara-cara agar mata tetap terjaga dan sehat.
1. Mengatur cahaya monitor
Komputer atau laptop kalian pasti ada pengaturan untuk mengatur terang gelapnya cahaya monitor kalian. Jika kalian masih tidak tau cara mengatur cahaya monitor tekan tombol FN + F5 secara bersamaan untuk menggelapkan dan FN + F6 untuk mencerahkan. Cara ini bisa membantu mempermudah kerja mata karena cahaya yang masuk ke mata tidak terlalu banyak.
2. Perhatikan jarak mata
Jarak antara mata dengan monitor juga mempengaruhi keadaan mata. Jarak mata dengan monitor yang dianjurkan adalah antara 20-40 inchi atau setara dengan 50-100 cm. maka dari itu, cara duduk juga mempengaruhi . monitor harus sejajar dengan mata jadi mata tidak perlu di paksa bekerja lebih untuk menunduk atau mendongak. Dan posisikan tangan senyaman mungkin dengan keybord. Jika tulisan di monitor terlalu kecil, kalian bisa memperbesar ukuran font sehinggan kerja mata bisa mudah.
3. Berkediplah !
Mungkin kalian sering merasa mata kalian kering saat di depan komputer. Itu karena kalian terkadang lupa untuk berkedip. Kedip bisa membuat bola mata menjadi lembab dan mengurangi peregangan pada mata. Dalam keadaan mata kering, secara spontan kalian akan menggosoknya, menggosok mata berlebihan juga berbahaya, apalagi yang menggunakan soft lens.
4. Memberikan istirahat untuk mata
Jika pekerjaan kalian mengharuskan berada di depan komputer selama berjam-jam, kalian harus mengistirahatkan mata kalian. Usahakan setiap 2 jam sekali kalian meluangkan waktu 10-15 menit untuk mencuci muka atau buang air kecil, mengambil air minum atau sekedar melihat keadaan sekitar. Jika perlu gunakan alarm untuk mengingatkan kalian waktu istirahat.
Lakukanlah kegiatan di atas tadi untuk mengurangi terjadinya mata lelah dan kering. Terlalu lama di depan komputer juga bisa membuat mata kalian minus dan mengharuskan memakai kaca mata atau soft lens. Kalian tidak mau kan ? Karena itu, biasakanlah kebiasaan yang baik dalam kehidupan kalian. Terima Kasih.

Leave a Reply