Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Manfaat dan Bahaya Tembakau
Budidaya Tembakau
Budidaya Tembakau

Manfaat dan Bahaya Tembakau

Tembakau merupakan salah satu bahan baku rokok,tapi tidak sedikit orang yang mengetahui bahwa tembakau hanya dapat digunakan sebagai bahan baku rokok.karna tanaman ini memiliki manfaat kesehatan lainnya yang dapat di eksplorasi lebih banyak.Tembakau digunakan sebagai obat secara luas dari awal abad ke-16 sampai akhir abad ke-19.

Tumbuhan ini memang dapat mematikan bagi penggunanya karna kaya akan kandungan nikotinnya.Menurut WHO,penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan timbulnya beberapa penyakit diantaranya yaitu penyakit paru obstruktif kronis, kanker paru-paru, kanker pancreas, serangan jantung, kanker laring, emfisema, dan stroke.Sangat mengerikan bukan? Tentu anda sudah tau sekarang.

Berikut beberapa manfaat tembakau

1.Sebagai obat nyamuk

Caranya yaitu redamlah beberapa lembar daun tembakau ke dalam satu liter air kemudian rendamlah selama satu malam,maka air rendaman tadi akan menjadi obat nyamuk karna ada kandungan nikotin didalam air rendaman tersebut.

2.Untuk mengurangi bisa gigitan ular

Orang-orang india percaya bahwa daun tembakau dapat mengurangi rasa sakit akibat gigitan ular yang mengeluarkan bisa beracun,dengan cara yaitu setelah racun tersedot keluar kemudian kunyah tembakau dan ditempelkan pada luka gigitan dengan menggunakan perban.cara ini juga dapat digunakan ketika disengat serangga.

3.Untuk obat kanker

Para ilmuan memasukan hampir semua gen asing kedalam tembakau, virus tembakau dikombinasikan dengan gen yang berguna.salah satunya mengatur produksi protein untuk manusia interleukin-2,yang sedang digunakan dalam proses pengobatan kanker.

Dan bahaya tembakau dapat menyebabkan penyakit seperti yang di sebutkan diatas.sebenarnya,apabila tembakau diracik dan digunakan dengan baik maka tidak akan menimbulkan sesuatu yang membahayakan kesehatan seseorang.karna yang dapat membahayakan kesehatan seseorang bukanlah dari tembakaunya sendiri,melainkan tembakau tersebut sudah menjadi rokok.

Karna didalam rokok banyak mengandung zat-zat yang berbahaya seperti polonium,yang digunakan dalam percobaan nuklir kemudian nitrosamine,senyawa penyebab kanker pada hewan dan manusia kemudian arsenic,merupakan racun yang sangat kuat dan masih banyak lagi.

Oke,thanks yang udah mau baca artikel ini semoga bermanfaat buat kalian semua jangan lupa kesan pesannya ya….

Leave a Reply