Home >> Wisata >> Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar Pacitan

Pantai klayar pacitan memiliki banyak keindahan alam yg menakjubkan, menemukan pesona dan keunikan mulai dari pasir pantai nya yang putih, karang raksasa yang hampir mirip patung Sphinx, air mancur alami hingga setinggi 10 meter, karang dengan bentuk yang unik, dan seruling samudera.

Pantai klayar pacitan terletak di kecamatan Donorejo, lebih tepatnya di desa Kalak, kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dari pusat kota Pacitan, pantai Klayar dapat ditempuh dengan jarak perjalanan sejauh 40 km pada arah barat Pacitan, menghabiskan waktu perjalanan selama sekitar 2 jam. Pantai Klayar adalah salah satu Pantai di Jawa Timur yang menawan. Memang pantai klayar belum setenar Goa Gong di Pacitan atau Pantai Teleng Ria. Tetapi keindahannya sudah dikenal dikalangan masyarakat Jawa Timur sebagai salah satu wisata pantai yang menarik untuk di kunjungi.

Perlu diketahui akses menuju pantai klayar terbilang cukup susah. Dengan sebagian jalan ada yang sudah diaspal dan ada yang belum diaspal. Selain itu jalanannya yang berkelok-kelok, naik turun, dan jalanannya sangat curam. Hal yang menuntut Anda lebih berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan. Tetapi setelah tiba di pantai, Anda akan disuguhkan pemandangan pantai yang sangat menakjubkan dengan karang-karang raksasa nya yang seperti Sphinx.

Pantai Klayar memiliki banyak karang dan beberapa di antaranya bolong akibat terjangan ombak, juga jejaran pohon kelapa di kawasan pantai. Satu hal yang patut diingat adalah Anda tidak diperbolehkan untuk berenang di pantai ini mengingat ombak yang tergolong besar serta banyaknya karang. Karena pantai ini juga termasuk pantai selatan.

Pantai Klayar, ada yang namanya seruling samudra. Seruling samudera ini adalah sebutan untuk fenomena di mana terdapat cekungan yang ada pada bagian bawah tebing atau batuan yang ada di pantai. Saat cekungan ini diterjang ombak laut, maka air laut keluar menyembur ke permukaan melalui sela-sela berbatuan dan menghasilkan bunyi yang indah laksana bunyi seruling.

Di pantai Klayar, Anda dapat menyaksikan fenomena di mana terjangan ombak yang menghantam bebatuan karang akan menciptakan air mancur yang bahkan tingginya mencapai 10 meter. Pemandangan indah ini adalah akibat semburan kencang air laut yang masuk melalui bagian bawah bebatuan.

Di saat senja tiba, sunset di pantai Klayar Pacitan adalah salah satu yang indah. Sejauh mata memandang horizon, Anda akan mendapati panorama pantai yang indah dengan nuansa alami yang begitu indah dan menakjubkan. Silahkan dicoba berkunjung kesini, dijamin tidak akan menyesal!

Leave a Reply