Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Diet Berlebihan Penyebab Anoreksia
Diet Berlebihan Penyebab Anoreksia Nervosa

Diet Berlebihan Penyebab Anoreksia

Jika sebelumnya saya membahas tentang bagaimana cara diet yang menyenangkan, sekarang saya membahas dampak dari diet yang berlebihan. Diet yang berlebihan bisa berakibat fatal seperti terkena penyakit Anoreksia Nervosa. Anoreksia Nervosa atau biasa disebut Anoreksia adalah suatu penyakit dimana si penderita merasa dirinya gemuk dan tidak ingin berat badannya bertambah sehingga melakukan diet ekstra. Walaupun menurut orang tubuhnya sudah kurus bahkan terlalu kurus, si penderita akan tetap merasa dirinya gemuk dan tetap melakukan diet.
Penyakit ini sering di derita oleh remaja wanita, bahkan remaja pria. Masa-masa rentan seperti ini memang membuat para remaja ingin terlihat cantik dan tampan dengan tubuh yang indah. Para remaja akan melakukan apa saja agar tubuhnya telihat ideal. Mereka akan membatasi asupan makanan dan melakukan olahraga yang berlebihan, bahkan tidak jarang yang memuntahkan makanan yang mereka makan secara paksa.
Orang yang menderita penyakit ini akan mengalami gejala seperti :
1) Mengalami penurunan secara drastis pada berat badannya. Berat badannya tidak sesuai dengan tinggi badannya.
2) Penderita akan selalu melihat tubuhnya sendiri di cermin dan menimbang badannya tiap waktu. Mereka terlalu takut jika berat badan mereka naik walaupun hanya 1 ons.
3) Mereka malu jika harus makan bersama teman-temannya bahkan tidak mau makan di depan umum. Mereka juga akan beralasan kalau mereka sudah kenyang padahal mereka sangat lapar.
4) Setelah makan, mereka akan memuntahkan secara paksa makanan itu. Biasanya mereka menggunakan obat-obat pencahar seperti laksatif untuk mengeluarkannya. Laksatif adalah semacam obat untuk mengeluarkan semua makanan di dalam perut sehingga nutrisi tidak terserap secara sempurna. Laksatif mengandung bahan kimia berbahaya dan bisa mengganggu sistem pencernaan serta menyebabkan tubuh kekurangan banyak nutrisi.
5) Mereka juga akan mendapatkan efek negatif pada fisik seperti rambut rontok, kulit kering, cepat lelah, dan pusing.
Jika sudah mengalami Anoreksia Nervosa dalam waktu yang lumayan lama, penyakit itu akan berdampak pada seluruh tubuh. Biasanya para wanita akan mengalami menstruasi yang tidak lancar.mereka juga akan mengalami beberapa komplikasi seperti ; denyut jantung tidak beraturan, gagal jantung, anemia, osteoporosis, kemandulan, gagal ginjal, dan konstipasi juga bisa mengganggu psikologi. Bahkan yang lebih parah penderita bisa meninggal karena kekurangan gizi. Ada juga yang meninggal bunuh diri karena malu dan frustasi dengan tubuhnya sendiri.
Jika dari kalian mempunyai keluarga atau teman yang menderita Anoreksi Nervosa, berikanlah dia motivasi untuk sembuh. Dekatilah dia secara perlahan dan ajak dia untuk ke dokter. Meyakinkan penderita Anoreksia tidak mudah, karena menurut mereka, mereka baik-baik saja dan mereka tidak salah melakukan diet ini. Kesabaran dan dukungan sangat penting demi kesembuhan si penderita. Jangan lupa ! Jangan pernah kalian mengkritik tentang tubuhnya, itu bisa memperburuk keadaan.
Terima kasih sudah membaca tulisan saya tentang Diet Berlebihan Penyebab Anoreksia. Semoga bermanfaat bagi Anda !

Leave a Reply