Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Dampak Tidur Dekat Handphone

Dampak Tidur Dekat Handphone

Saat ini Handphone sudah semakin canggih, dan handphone sahabat paling dekat dengan manusia. Manusia yang terlalu kecanduan dengan keberadaan handphone tidak mengetahui dampak negatifnya. Apalagi kalau sedang tidur dekat handphone. Handphone memiliki pancaran radiasi tinggi yang tak kasat mata. Menurut data WHO, radiasi ponsel bersifat karsinogenik yang dapat mempengaruhi susunan saraf manusia, yang akhirnya dapat menyebabkan kanker atau tumor.

Tidur adalah waktunya untuk beristirahat untuk mendapatkan energi, jika tidur anda tidak mampu mengisi energi anda, maka hari-hari anda tidak akan maksimal. Oleh karena itu, guna meminimalisir bahaya laten handphone bagi si pemiliknya, ada baiknya bila kebiasaan tidur di dekat handphone mulai saat ini dihilangkan/dijauhkan  handphone nya. Dalam artian bisa handphone nya dijauhkan berjarak kurang lebih 5meter atau mematikan handphone nya. Ada berbagai dampak bila tidur dekat handphone, ini dia beberapa dampaknya:

  1. Menyebabkan tumor otak

Radiasi ponsel dapat mempengaruhi otak. Umumnya tumor otak menyerang orang dewasa pada usia produktif, namun tidak sedikit pula ditemukan kasus di mana tumor juga dapat menyerang anak-anak. Oleh karena itu, mulai saat ini usahakan untuk tidak menggunakan handphone terlalu sering, apalagi sampai dibiasakan tidur di dekatnya.

  1. Menyebabkan kanker

Tak jarang anggota tubuh lainnya seperti perut juga dapat terpapar radiasi Handphone sehingga menyebabkan kanker, karena ketika tidur si pemilik tidak sadar kerap meletakkannya di bawah tubuh dan menindihnya. Jangan dibiasakan tidur dekat handphone.

  1. Menyebabkan sakit kepala

Radiasi ponsel bagi beberapa orang yang sensitif terhadap gelombang RF yang dipancarkan dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mual-mual, bahkan hingga muntah. Ini dapat menyebabkan anemia atau yang biasa disebut dengan darah rendah.

  1. Menyebabkan kelelahan

handphone yang berada dekat dengan pemiliknya dapat membuat kualitas tidur menjadi tidak efektif. Meskipun Anda tertidur, namun sesungguhnya Anda masih tersadar, dengan ditandai Anda masih mengingat beberapa hal yang terjadi ketika Anda tertidur. Hal ini dapat membuat Anda mengalami kelelahan ketika bangun keesokan harinya.

  1. Menghambat metabolisme tubuh

Diketahui bahwa ketika tidur sesungguhnya di saat inilah metabolisme tubuh sedang bekerja dengan aktif. Oleh karena itu, bila seseorang terpapar radiasi handphone atau bila tidur jadi tidak nyenyak, maka proses metabolisme tubuh akan terhambat, sehingga proses pencernaan makanan atau pun proses detoksifikasi racun di dalam tubuh juga ikut terganggu.

Melihat begitu banyaknya dampak dari tidur dekat handphone, dapat disimpulkan kalau memang berbahaya tidur dekat handphone, mulai dari sekarang ayo rubah gaya hidup anda dengan sehat. Tidak boleh berlebihan dan tetap dalam aturannya.

Leave a Reply