Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> 5 Keutamaan Mengonsumsi Daging Kambing.
5 Keutamaan Mengonsumsi Daging Kambing

5 Keutamaan Mengonsumsi Daging Kambing.

Sekarang ini saya ingin membahas tentang seluk – beluk ke – Indonesia – an. Daging kambing sudah lama menjadi hal yang lumayan “Kontroversial” di kalangan orang Indonesia. Mengapa bisa disebut kontroversial? Karena sebagian masyarakat Indonesia mengira bahwa daging kambing adalah penyebab hipertensi alias darah tinggi.

Padahal daging kambing merupakan salah satu sumber zat besi, vitamin B, kolin, nutrisi, dan selenium yang terbaik. Daging kambing juga bisa dibuat menjadi berbagai masakan super lezat nan enak bila di masak dengan olahan yang tepat. Selain rasanya yang lezat, daging kambing juga memiliki beberapa manfaat dan khasiat. Mari simak 5 Manfaat Mengonsumsi Daging Kambing.

1.Rendah Kalori.

Setiap makanan yang kita makan berfungsi sebagai sumber energi. Akan tetapi, sumber energi dalam setiap makanan itu memiliki jumlah yang berbeda – beda pula. Termasuk daging kambing ini. Dalam 100 gram daging kambing, terdapat kandungan nutrisi sebesar 100 kilokalori (kkal).

Coba dibandingkan dengan sepotong ayam panggang 80 gram yang mengandung nutrisi sebesar 385 kilokalori (kkal). Daging kambing ini sangat cocok untuk kalian yang ingin atau sedang menjalankan program diet, dan apabila mengonsumsinya akan lebih baik bukan?

2.Tinggi Protein.

Daging kambing ialah termasuk makanan yang tiggi protein. Dibandingkan dengan makanan yang lain. Dalam takaran 100 gram daging kambing, mengandung 20,6 gram protein. Coba bandingkan dengan 100 gram paha ayam yang hanya mengandung 16,03 gram protein. Sejauh ini, hanya daging sapi lah yang kandungan proteinnya mampu menyamai protein daging kambing. Yaitu dengan 100 gram daging sapi mengandung 20,3 gram protein.

3.Rendah Lemak.

Tahukah kamu bahwa ternyata daging kambing itu rendah lemak? Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Oklahoma, Amerika Serikat oleh Akhmad Sodiq dan Zainal Abidin menerangkan bahwa kandungan lemak dalam daging kambing berkisar 50 – 60%, lebih rendah dari lemak daging sapi atau daging ayam. Yaitu 100 gram daging kambing ternyata hanya memiliki lemak sebanyak 2,31 gram. Sedangkan 100 gram daging sapi memiliki lemak sebanyak 12,71. Dan untuk 100 gram daging ayam memiliki jumlah lemak sebanyak 12,58. Dari perbandingan tiga dagng tersebut di antara nya daging kambing, daging sapi, dan daging ayam, hanya daging kambing lah yang paling sedikit mengandung lemak. Rendah Lemak bukan?

4.Nol Karbohidrat.

Terkejut? Ternyata di dalam kandungan daging kambing itu sendiri terdapat 0 gram karbohidrat. Hal ini sangatlah berbeda dengan kandungan karbohidrat yang terkandung dalam daging kalkun sebesar 4,21 gram. Bandingkan juga dengan karbohidrat yang ada dalam daging ayam yaitu sebanyak 7,49 gram.

5.Rendah Sodium.

Daging kambing juga di kenal rendah sodium, yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan sodium yang ada dalam 100 gram daging kambing hanyalah 82 mg. Berbeda dengan kandungan sodium yang ada dalam 100 gram daging sapi yaitu 52 mg, bedanya hanya 30 gram lebih banyak daripada daging kambing. Sementara itu daging dada kalkun jauh lebih banyak yaitu 1.015 gram sodium.

Bagaimana, Menarik Bukan??

Terima Kasih Sudah Menyempatkan Membaca artikel yang Sudah Saya Tulis ini.

Sampai Jumpa, Pada Artikel Saya Berikutnya!!

Leave a Reply