Home >> Sayuran & Buah >> Fakta dan Manfaat Buah Pepaya
Fakta dan Manfaat Buah Pepaya

Fakta dan Manfaat Buah Pepaya

            Pepaya adalah tanaman yang berasal dari Meksiko, Amerika Utara namun kini sudah menyebar di daerah-daerah tropis. Nama pepaya dalam Bahasa Indonesia berasal dari Bahasa Belanda yaitu “papaja”, kalau dalam Bahasa Jawa biasanya disebut dengan nama “kates”. Buah ini akan berwarna orange ketika sudah matang dan rasanya juga terasa manis.

            Buah pepaya tidak hanya bisa di konsumsi ketika sudah matang saja, karena ketika masih belum matang pun ternyata buah pepaya tetap bisa di konsumsi sebagai sayur atau biasanya dibuat untuk rujak buah. Pepaya setengah matang ternyata juga sangat bagus di konsumsi oleh Ibu yang baru saja melahirkan karena buah pepaya yang belum matang memiliki khasiat bisa meningkatkan produksi ASI. Sehingga untuk Ibu yang resah ketika ASI nya tidak lancar bisa mengkonsumsi buah pepaya setengah matang secara teratur.

            Meskipun pepaya sangat mudah dicari dan sangat murah harganya ternyata pepaya memiliki khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan manusia. Vitamin A yang terdapat pada pepaya sangat bagus untuk kesehatan mata, zat antioksidannya juga bagus untuk mencegah kolesterol sehingga mampu mencegah stroke dan serangan jantung. Buah pepaya juga memiliki serat yang sangat tinggi sehingga mampu untuk memperlancar pencernaan bagi yang susah buang air besar. Pepaya juga mengandung vitamin C dan E sehingga sangat bagus untuk kesehatan kulit, biasanya buah pepaya ini banyak di konsumsi wanita yang memiliki kulit kusam atau kering.

            Selain buahnya yang bisa di konsumsi ternyata daun dari pohon pepaya juga bisa di masak sebagai lalapan untuk menemani sambal dan nasi. Daun ini juga bisa digunakan untuk melunakkan daging, biasanya digunakan ketika akan mengolah daging sebagai sate. Namun sejak zaman dahulu daun dari pohon pepaya ini dimanfaatkan sebagi obat tradisional. Ketika daunnya di rebus dan di minum air nya, daun ini bisa bermanfaat untuk mengatasi penyakit demam berdarah. Selain itu juga bisa untuk mengatasi nyeri haid, tapi sebaiknya di konsumsi ketika airnya masih hangat. Selain untuk kesehatan daun pepaya juga bisa di gunakan sebagai masker, cukup dengan dihancurkan dan ditambah sedikit air daun ini bisa dijadikan sebagai masker untuk mengatasi jerawat.

            Biji pepaya yang terlihat hanya mengotori buah pepaya ternyata juga memiliki khasiat yang sangat ampuh untuk mengobati penyakit cacingan. Biasanya penyakit ini diderita oleh anak-anak yang biasa makan-makanan yang kurang bersih dan kurang sehat. Namun biji pepaya ini bahaya apabila dikonsumsi oleh Ibu hamil karena bisa menyebabkan keguguran.

            Nah, itulah fakta dan manfaat buah pepaya. Baca artikel lainnya dan jangan lupa share ya 😀

Leave a Reply