Home >> Wisata >> Wisata Gunung Bromo
Wisata Gunung Bromo

Wisata Gunung Bromo

Wisata gunung bromo adalah objek wisata yang sangat dikenal luas oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara. Hamparan pasir yang luas, pemandangan indah nan memukau, hawa dingin, udara sejuk dan jauh dari kebisingan, merupakan daya tarik wisata gunung bromo ini. Gunung bromo juga terkenal karena keindahan sunset atau matahari terbitnya yang bisa dilihat dari Puncak Penanjakan 1 Bromo.

Untuk bisa mencapai Puncak penanjakan anda harus melewati jalan yang sempit dan banyak tikungan tajam yang tentu harus membutuhkan ketrampilan menyetir yang tinggi. Tapi jangan khawatir anda bisa menyewa mobil hardtop atau jeep yang akan dikemudikan oleh warga sekitar.
Gunung bromo terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan berlokasi di empat kabupaten dari provinsi Jawa Timur. Yaitu diantara kabupaten Malang, kabupaten Pasuruan, kabupaten Probolinggo, kabupaten Lumajang. Karena terletak dan berlokasi di empat kebupaten membuat wisata gunung bromo sangat mudah di akses dan transportasi ke bromo sangat mudah diakses dari penjuru kota di Jawa Timur. Gunung bromo memiliki ketinggian 2.392 meter diatas permukaan laut. Gunung bromo ini termasuk gunung api aktif, dan dikelilingi lautan pasir seluas 10 km2.

Untuk mencapai kaki gunung bromo anda tidak bisa menggunakan mobil, atau kendaraan lainnya. Tapi jangan khawatir, anda bisa menyewa kuda atau jika anda memang merasa mampu anda bisa berjalan kaki. Setelah sampai di kaki gunung bromo anda harus menaiki anak tangga yang jumlahnya mencapai 250 anak tangga agar anda bisa melihat kawah gunung bromo yang mengeluarkan asap.
Suhu udara di puncak gunung bromo adalah sekitar 2º hingga 20º Celcius. Yang perlu anda waspadai saat akan mengunjungi wisata ini adalah saat badai pasir atau kedatangan angin kencang secara tiba tiba yang memang sering terjadi, yang membuat pasir pasir berterbangan mengenai mata dan akan dapat menyulitkan saat anda bernafas. Waktu terbaik untuk mengunjungi wisata gunung bromo ini adalah pada periode bulan juni – oktober. Karena pada periode bulan  juni – oktober adalah musim kemarau didaerah gunung bromo.

Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi wisata gunung bromo ini bersama keluarga atau teman teman anda. Have Fun!:)

Leave a Reply