Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Bagi yang Doyan Makan Daging, Baca Tips ini
tips makan daging yang aman dan tetap sehat

Bagi yang Doyan Makan Daging, Baca Tips ini

Daging, salah satu sumber protein hewani ini merupakan sumber makanan yang sehat dan lezat. Daging bisa diolah menjadi berbagai olahan nikmat seperti sate, gulai, stick dan lain sebagainya. Karena rasa dan manfaatnya begitu baik bagi fitalitas tubuh, daging masuk ke dalam menu empat sehat lima sempurna.

Konsumsi daging masyarakat Indonesia termasuk rendah. Namun jika sudah datang hari raya idul adha, konsumsi daging langsung naik. Bahkan saking banyaknya daging yang bisa dibawa pulang ke rumah, akhirnya selama berhari – hari bahkan sampai berminggu – minggu daging masih saja tersedia di dalam freezer.

Mengkonsumsi daging dalam jumlah yang cukup memang bisa mendatangkan berbagai manfaat bagi tubuh. daging mengandung protein hewani yang dibutuhkan untuk pembentukan hormone, enzim, protein dalam darah, mengganti dan memperbaiki sel – sel yang rusak.

Namun mengkonsumsi daging terlalu banyak dalam waktu yang singkat seperti saat setelah idul adha bisa menjadi hal yang sangat tidak bagi kesehatan. apalagi, konsumsi daging dibarengi dengan mengkonsumsi jeroan seperti usus, limpa, otak, paru dan limpa. Jeroan mengandung purin yang memicu asam urat. Selain itu, daging dan jeroan mengandung lemak jenuh yang meningkatkan kadar kolesterol darah. Yang lebih parahnya lagi, masyarakat Indonesia terbiasa mengolah daging menjadi gulai. Santan dan kadar garam yang tinggi menjadi masalah yang serius bagi pengidap penyakit tertentu seperti hipertensi, asam urat, kencing manis dan kegemukan.

Bagi anda yang doyan makan daging, baca tips di bawah ini supaya terhindar dari berbagai resiko yang mengancam kesehatan :

  • Imbangi makan daging dengan mengkonsumsi buah dan sayur untuk menghidnaari dampak buruk usai makan daging berlebih.
  • Hindari makan daging yang berlebih dalam waktu yang singkat.
  • Jangan makan daging setidaknya dua jam sebelum tidur.
  • Kurangi mengkonsumsi sumber makanan berlemak lain seperti cokelat dan keju.
  • Begitu pun dengan minuman, sebaiknya hindari minuman yang berkalori tinggi seperti teh manis, sirup dan lain sebagainya.
  • Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih 8 – 10 gelas perhari.
  • Lakukan olahraga rutin setiap hari agar tubuh tetap fit dan lemak dalam tubuh ikut terbakar.

demikian tips makan daging yang aman untuk terhindar dari berbagai masalah kesehatan. semoga tips ini bermanfaat bagi anda yang doyan makan daging dan tetap memperhatikan kesehatan.

Leave a Reply