Home >> Lamongan >> Goa Pertapaan Raja Airlangga di Sambeng
goa pertapaan raja airlangga di sambeng

Goa Pertapaan Raja Airlangga di Sambeng

Lamongan merupakan salah satu daerah yang memiliki histori yang kuat. Mulai dari era perwalian hingga kerajaan kuno menjadi cerita lain dari kota soto di jawa timur ini. Setelah beberapa situs kuno bersejarah ditemukan di beberapa daerah, kini menyusul ditemukanya goa dengan panorama alam yang sangat indah yang diduga menjadi goa pertapaan raja airlangga.

Goa yang berada di Desa Sumbersari, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan ditemukan oleh Sidikiah (45) dan Mbah Darum (68). Mereka yang sehari – hari bekerja di persil tidak menyadari bahwa lubang yang terdapat di dekat lahan garapan mereka adalah goa.

“saya tidak mengira kalau di dekat lokasi persil garapan saya ada goa,” kata Sidikiyah.

Berita penemuan goa pertapaan airlangga di sambeng ini lantas langsung tersebar luas dengan cepatnya. Warga pun berbondong – bondong datang ke lokasi untuk melihat bagian dalam goa yang kabarnya menawarkan keindahan panorama yang alami.

Di bagian dalam goa pertapaan raja airlangga ini terdapat stalaktit dan stalakmit yang sangat indah. Selain itu terdapat pula beberapa kamar yang diduga merupakan tempat yang digunakan bertapa oleh raja airlangga.

“selain stalaktit dan stalakmit yang indah, di dalam goa juga terdapat beberapa kamar yang diduga merupakan tempat pertapaan raja airlangga,” kata Mbah Darum.

Warga juga meyakini bahwa raja airlangga sering datang dan bertapa di dalam goa. Hal ini juga diperkuat dengan ditemukanya candi di Pataan yang dibangun oleh raja Airlangga.

“tidak jauh dari lokasi goa, ada candi Pataan yang dulunya dibangun oleh raja Airlangga,” jelas Mbah Darum.

Selain datang untuk melihat keindahan bagian dalam goa pertapaan airlangga, warga juga datang karena ingin mengambil air yang menetes dari stalaktit yang dipercaya mampu mengobati segala jenis penyakit.

“banyak warga yang datang untuk mengambil air yang dipercaya bisa dijadikan obat,” kata Mbah Darum.

Goa yang terbengkalai sejak lama itu sebelumnya merupakan tempat di mana kawanan kelelawar bersarang. Setiap hari, ribuan kelelawar keluar dari dalam goa.

Berita penemuan goa pertapaan raja airlangga di sambeng ini telah sampai ke telinga warga dari kabupaten lain di sekitar lamongan seperti kabupaten jombang, tuban, mojokerto hingga ke Surabaya.

Semakin banyaknya pengunjung yang berdatangan, para pemuda dari karang taruna memanfaatkanya untuk mengelola tempat tersebut. Mereka membuka lahan parkir untuk kendaraan roda dua dengan tariff Rp 2.000 sementara untuk roda empat Rp 3.000. hingga saat ini, goa ini masih bisa dinikmati secara gratis.

Leave a Reply