Home >> Wisata >> Kuliner >> Wisata Kuliner Jogja dengan Kekhasan yang Istimewa dari Gudeg
Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja dengan Kekhasan yang Istimewa dari Gudeg

Wisata kuliner Jogja merupakan suatu bentuk wisata makanan yang terdapat di kota Jogja. Di kota ini ada banyak makanan yang biasa digunakan sebagai wisata kuliner yang telah banyak menggoda selera para pekuliner. Makanan tersebut di antaranya: mungut lele, nasi pecel, sate klatak, bakmi jawa, gudeg, dan yang lainnya. Di antara banyak makanan yang ditawarkan, makanan khas Jogja yang terkenal sebagai wisata kuliner Jogja istimewa adalah gudeg.

Wisata kuliner Jogja yang paling terkenal adalah gudeg. Makanan jenis ini dikenal sebagai makanan khas Jogja bukan hanya di Indonesia saja, namun juga sampai mancanegara. Gudeg itu sendiri merupakan jenis makanan berupa saur kering yang dibuat dari nangka muda. Cara pengolahannya pun dilengkapi dengan beragam bumbu tambahan sehingga menghasilkan rasa yang khas dan enak di lidah orang-orang Jawa.

Popularitas gudeg yang dikenal sebagai makanan khas Jogja membuat kota Jogja terkenal sebagai kota gudeg. Nangka merupakan bahan pokok yang digunakan dalam pembuatan gudeg sebagai salah satu makanan wisata kuliner Jogja. Cara pembuatannya, nangka tersebut direbus beberapa jam dan dicampuri dengan santan dan gula kelapa.

Wisata Kuliner Jogja dan Penyajian Makanan Khas Gudeg

Wisata kuliner Jogja yang satu ini dikenal dengan nama gudeg. Gudeg Jogja merupakan makanan khas yang membuat kota Jogja dikenal sebagai kota gudeg. Dalam penyajian makanan gudeg ini selalu dilengkapi dengan ayam, telur rebus, tempe, tahu, nasi putih, dan rebusan yang dibuat dari kulit sapi segar. Rebusan tersebut biasa disebut sebagai sambal goreng krecek.

Wisata Kuliner Jogja dan Macam Gudegnya

Makanan gudeg yang dikenal sebagai salah satu makanan wisata kuliner Jogja menawan ini terbagi atas dua macam jenis penyajian. Pertama, makanan gudeg yang disajikan secara kering. Kedua, makanan gudeg yang disajikan secara basah. Makanan wisata kuliner Jogja gudeg basah biasanya disajikan dengan susu kelapa atau santan yang lebih banyak. Adapun gudeg kering biasanya disajikan dengan susu kelapa yang lebih sedikit dari pada gudeg basah. Macam-macam gudeg yang telah dijelaskan tersebut akan sangat berpengaruh terhadap rasa dari makanan gudeg, ada yang manis, pedas, dan yang lainnya.

Wisata Kuliner Jogja dan Awal Mula Pengenalan Gudeg serta Keunikannya

Wisata kuliner Jogja yang dikenal dengan nama gudeg ini awalnya hanya terdapat gudeg basah saja. Namun, seiring dengan berjalannya waktu memunculkan macam gudeg yang lainnya, yaitu gudeg kering. Gudeg kering ini dinilai mempunyai ketahanan yang lebih lama dari jenis gudeg basah. Gudeg kering ini juga telah dimanfaatkan sebagai salah satu jenis oleh-oleh khas Jogja dan memunculkan banyak home industri yang mengolahnya.

Sampai saat ini masih belum terdapat kejelasan mengenai sejarah gudeg sebagai salah satu makanan wisata kuliner Jogja. Banyak pandangan yang mengaitkan bahwa gudeg merupakan makanan yang berasal dari keraton Jogja. Namun, pandangan lain menganggap bahwa gudeg adalah makanan masyarakat zaman dulu. Hal ini dapat disimpulkan jika gudeg sudah ada sejak dahulu.

Dalam pemasarannya, wisata kuliner Jogja yang berjenis gudeg kering ini mempunyai keistimewaan tersendiri. Keistimewaan ini terletak pada kemasannya. Hal ini karena kemasan yang digunakan untuk mengemas makanan jenis gudeg kering adalah besek. Besek merupakan tempat berbentuk segi empat yang dibuat dari anyaman bambu. Selain itu, ada juga gudeg kering yang dikemas dengan menggunakan kendil. Kendil adalah jenis wadah yang dibuat dari tanah liat.

Leave a Reply