Home >> Wisata >> Garuda Wisnu Kencana Indah di Pulau Bali
Garuda Wisnu Kencana Bali

Garuda Wisnu Kencana Indah di Pulau Bali

Garuda Wisnu Kencana merupakan sebuah taman wisata yang terdapat di Pulau Bali, tepatnya di bagian Selatan. Lokasi taman wisata ini berada di Kabupaten Badung, Tanjung Nusa Dua. Tempat ini berjarak kurang lebih 40 km dari Denpasar. Area taman budaya Garuda Wisnu Kencana Bali terletak pada ketinggian 263 m di atas permukaan laut dan 146 m di atas permukaan tanah.

Patung Dewa Wisnu yang dibangun di area taman budaya Garuda Wisnu Kencana telah menjadi patung terbesar di dunia. Patung ini mempunyai tinggi sebesar 75 m dan lebar 60 m. Besar patung ini telah mampu mengalahkan besarnya patung liberty yang terdapat di luar negeri. Garuda Wisnu Kencana menawan adalah sebuah mahakarya seorang seniman Bali yang bernama I Nyoman Nuarta. Seniman ini berasal dari daerah Bukit Unggasan, Bali sebelah selatan.

Di kawasan Garuda Wisnu Kencana juga terdapat patung tangan wisnu. Patung tersebut merupakan bagian dari patung Dewa Wisnu. Dengan dibuatnya patung tangan wisnu akan menjadi langkah yang sangat nyata dalam penyelesaian pembangunan patun Dewa Wisnu secara lengkap. Untuk sementara waktu, patung tangan ini ditempatkan di wilayah Tirta Agung.

Garuda Wisnu Kencana dan Lotus Pondnya

Sebuah patung garuda juga terdapat di kawasan Garuda Wisnu Kencana. Patung tersebut tepatnya berada di belakang Plaza Wisnu. Patung tersebut mempunyai tinggi sebesar 18 m. Garuda Plaza merupakan tempat sementara patung garuda ditempatkan. Pada saat ini, tempat ini menjadi titik fokus dari sebuah lorong besar yang terbuat dari ukiran batu kapur. Luas ruangan tersebut mencapai 4000 m. Ruangan terbuka tersebut juga dikenal dengan nama Lotus Pond.

Pilar-pilar batu kapur yang terdapat di ruangan terbuka yang dikenal dengan nama Lotus Pond Garuda Wisnu Kencana telah membuat ruangan tersebut menjadi tempat yang sangat eksotis. Ruangan tersebut mempunyai kapasitas mampu menampung orang hingga 7 ribu orang. Selain itu, ruangan terbuka Lotus Pond telah mendapatkan reputasi yang sangat baik sebagai tempat yang sangat sempurna untuk acara-acara besar nasional, regional, dan internasional.

Garuda Wisnu Kencana dan Lokasi Kunjungan Spiritualnya

Di sebelah patung Dewa Wisnu Garuda Wisnu Kencana terdapat sebuah mata air keramat, tepatnya di kawasan Parahyangan Somaka Giri. Di tempat keramat ini mengalir air yang mengandung mineral-mineral utama. Keberadaan air keramat ini menjadi keajaiban dan belum bisa dijabarkan secara ilmiah. Tempat ini pun menjadi tempat kunjungan meditasi dan semua hal yang berhubungan dengan agama atau spiritual.

Mata air keramat yang terdapat di Garuda Wisnu Kencana dipercaya bisa menyembuhkan beragam penyakit. Mata air keramat juga dipergunakan secara luas di kalangan masyarakat setempat dan untuk upacara minta hujan guna mendapatkan hasil panen yang bagus. Keberadaan mata air ini juga telah menggugah naluri seseorang untuk mencari pencerahan pikiran lahir dan batin.

Garuda Wisnu Kencana dan Wisata Kulinernya

Sejumlah restoran, kafe, dan warung makanan banyak terdapat di kawasan Garuda Wisnu Kencana. Tempat-tempat tersebut menyediakan layanan tata boga yang sangat lenggkap, dari makanan tradisional hingga internasional. Layanan on-site catering juga tersedia di tempat tersebut. Layanan tersebut melayani berbagai hidangan yang dapat disesuaikan dengan lokasi dan tema tertentu.

Leave a Reply