Home >> Lamongan >> Si Jago Merah Mengamuk Membakar Rumah Warga di Mantup
kebakaran di desa ngaglik, mantup

Si Jago Merah Mengamuk Membakar Rumah Warga di Mantup

Beritalamongan.com – Sali, seorang kakek 63 tahun warga Nganglik, Desa Sidomulyo, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan, tidak menyangka harus menanggung rugi puluhan juta rupiah usai kandang dan rumahnya terbakar pada Rabu, 23 Sepetember 2015 kemarin. Harta beserta ternak ikut terpanggang di dalam kobaran si jago merah yang sudah tidak terkendali lagi.

Menurut Choiru Anam (50), warga setempat, api langsung membesar dengan cepat hingga membakar habis kandang dan rumah milik Sali. Banyaknya tumpukan jerami dan kayu bakar di dalam kandang, membuat api dengan mudahnya menjalar dan membakar semua yang ada di dalam kandang dan sekitarnya.

“api berasal dari kandang. Api kemudian membesar dengan cepat,” ungkap Choirul.

Warga yang mengetahui kepulan asap pekat menyembur ke atas segera berlari menuju lokasi. Melihat api sudah terlanjur membesar, warga bergegas memadamkan api dengan alat seadanya. Karena takut kobaran api menjalar ke lokasi yang lain yang ada di sekitarnya, warga lebih memprioritaskan untuk mencegah supaya api tidak menjalar ke rumah utama.

Warga pun dibuat kesulitan memadamkan api lantaran api yang telah membesar. Alat – alat yang mereka bawa juga tidak terlalu efektif untuk menghentikan si jago merah. Meskipun demikian, warga tetap berusaha dengan gigih untuk memadamkan api.

Beberapa saat kemudian dua unit mobil pemadam kebakaran (damkar) tiba di lokasi. Butuh hingga empat tangki air untuk memadamkan api. Perjuangan keras akhirnya terbayar, si jago merah berhasil dijinakan.

Choirul menambahkan, kebarakan di lamongan ini kemungkinan besar berasa dari bediang yang dibakar di samping kadang.

“belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran di mantup, lamongan ini. Namun, besar kemungkinan penyebab kebakaran adalah dari bediang yang berada di dekat kandang tertiup angin sehingga baranya membakar tumpukan jerami kering.” Kata Choirul.

Akibat kebakaran ini, pemilik kandang dan rumah, Sali mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah. Puluhan karung gabah, satu ekor sapi dan 20 ekor kambing yang sebagian merupakan kambing titipan tetangga terpanggang hidup – hidup saat kebakaran.

Meski mengalami kerugian besar, Sali masih beruntung karena anaknya yang bernama Mashudi (34) berhasil selamat. Namun dia mengalami luka yang cukup serius di punggung dan lengan. Mashudi kemudian segera dibawa ke Puskesmas Mantup untuk mendapatkan perawatan.

Leave a Reply